Mahasiswa Baru IPB Cetak Rekor Dunia

Proses pembuatan Lenticular Pictures di lapangan Gymnasium IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2019). (Antara/M Fikri Setiawan)
10 Agustus 2019 14:30 WIB Septina Arifiani/Egitya Eryaningwidhi Nasional Share :

Solopos.com, BOGOR – Mahasiswa baru angkatan ke-56 Institut Pertanian Bogor (IPB) University berhasil mencetak rekor dunia Record Holders Republic (RHR) dengan penampilan Lenticular People Formation di lapangan Gymnasium IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dikutip dari akun Youtube Dimas Pamungkas, Sabtu (10/8/2019), penampilan itu dilakukan saat Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB), Jumat (9/8/2019) kemarin.

Dr Arif Satria selaku Rektor dari IPB Universty mengatakan sebanyak 3.626 mahasiswa baru angakatan Andamaru Jayantara ini berhasil menampilkan Lencular Picture sebanyak 112 gambar dari 56 formasi yang telah dikonsepkan.

“Ini ada 56 formasi sesuai dengan nomor angkatan. Keren sekali formasi menunjukkan dua gambar, tahun lalu satu formasi satu gambar,” ujar Dr Arif Satria kepada Antara, Sabtu (10/8/2019).

Ia juga mengatakan para mahasiswa baru yang terlibat dalam pembuatan Lenticular Picture berwarna merah, biru, dan putih itu tak membutuhkan persiapan, mereka hanya melakukan simulasi beberapa kali sebelum tampil.

Dari pihak RHR, Halim Sugiarto selaku Vice President RHR Indonesia menyatakan penghargaan rekor dunia tersebut diberikan kepada mahasiswa baru IPB University karena belum ada kelompok yang menampilkan Lenticular Picture sebanyak 112 gambar sebelumnya.

“Penilaian yaitu jumlah gambar yang dihasilkan, karena ini pertama di dunia. Belum ada yang menampilkan Lenticular sebanyak itu,” kata Halim

Lenticular ini memiliki konsep satu formasi dapat menghasilkan dua gambar sekaligus yang dapat dilihat dari berbagai sisi. Jadi jika formasi berjumlah 56, maka akan dihasilkan 112 Lenticular Pictures dan formasi tersebut mengangkat tema mengenai ajakan untuk bersinergi, berprestasi dan berkarya nyata; komitmen IPB terhadap Tri Darma Perguruan Tinggi; nama-nama Fakultas di IPB; komitmen terhadap Green Campus; komitmen kebangsaan dan Pancasila; dan kecintaan pada budaya Indonesia.