Viral Fotonya Temui Rizieq Shihab di Mekkah, Taj Yasin Minta Tak Dipolitisasi

Kunjungan Taj Yasin Maimoen ke rumah Rizieq Shihab di Mekkah, Kamis (9/8 - 2019). (Twitter @dpplif)
09 Agustus 2019 18:00 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Polemik tentang kehadiran Rizieq Shihab dalam prosesi pemakaman kiai kharismatik KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen di Mekkah berujung polemik baru. Kini beredar sebuah foto keluarga besar Mbah Moen, termasuk putranya Taj Yasin Maimoen, mengunjungi rumah Rizieq Shihab di Mekkah.

Foto pertemuan Taj Yasin dan keluarga dengan Rizieq Shihab di kediaman Rizieq tersebut diunggah di akun Twitter @dpplif, Kamis (8/8/2019) lalu. Dalam salah satu foto, Taj Yasin duduk berdampingan dengan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

"Alhamdulillah, 10 menit yang lalu keluarga Kh. Maimun Zubair silaturahmi ke kediaman Habib Rizieq Syihab dikota mekkah Mukarromah. Foto menjawab segalanya& tidak perlu untuk diperdebatkan," tulis pengguna akun tersebut, Kamis, menyertai unggahan foto itu.

Menanggapi beredarnya foto tersebut, Taj Yasin Maimoen, ingin agar pertemuannya dengan Rizieq Shihab di Mekkah tidak dikaitkan dengan unsur politik dan kemudian dipolitisasi. Taj Yasin di Kota Mekkah, Jumat (9/8/2019), mengatakan pertemuan dengan Rizieq merupakan pesan dari Mbah Moen untuk menjaga silaturahim dengan siapapun.

“Kami menjaga silaturahim, apa yang dipesankan Kiai Maimoen juga itu bagian kita merajut semuanya,” katanya.

Mbah Moen, kata dia, semasa hidupnya adalah sosok yang selalu menjaga ukhuwah dengan siapa saja. Taj Yasin mengatakan pertemuan itu juga sekaligus menjadi ajang bagi keluarga besarnya untuk mengucapkan terima kasih atas perhatian kepada sang ayah.

“Ukhuwah itu kita hubungkan, silaturahim biasa, karena tadi rangkaiannya sudah mendoakan, kita berterima kasih, itu saja,” katanya.

Gus Yasin yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan tidak ada unsur politik dalam pertemuan itu. “Enggak ada unsur politik atau apa, saya berharaplah, kita tahu di media sudah seperti itu, Kiai Maimoen sudah bahagia kenapa kita bikin permasalahan di meninggalnya Kiai Maimoen ini,” katanya.

Ia juga mengimbau siapapun untuk tidak mengupload video dan foto-foto meninggalnya Mbah Moen. “Kalau mau berdoa, berdoa saja, tidak usah diembel-embeli dengan ini ini. Kalau mau doa, ya doa saja, enggak usah dikasih embel-embel,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Taj Yasin bersama seluruh saudaranya yang turut serta ke Arab Saudi setelah meninggalnya sang ayah. Rizieq dalam pertemuan itu seperti dikatakan Yasin banyak bercerita tentang bagaimana prosesi pemakaman Mbah Moen, kewalian Mbah Moen, dan siapa saja yang mendoakan.

Mendekati waktu wukuf di Arafah, Taj Yasin bersama sejumlah saudaranya, di antaranya Gus Majid Kamil, Gus Rouf, dan Ning Sobihah akan mendampingi ibu mereka untuk melaksanakan ibadah haji.

Taj Yasin juga mengatakan kunjungannya dan keluarga ke rumah pimpinan FPI Rizieq Shihab di Mekkah merupakan silaturahmi biasa. Yasin mengatakan sudah selazimnya mereka bersilaturahmi lantaran sebelumnya Rizieq juga hadir dalam pemakaman ayahandanya.

"Sudah sewajarnya kami silaturahim sebab beliau [Rizieq] juga ikut dalam pemakaman," kata Yasin seperti dirilis Bisnis/JIBI mengutip Tempo.co, Jumat.

Wakil Gubernur Jawa Tengah ini datang bersama saudara lelaki dan iparnya, yakni Majid Kamil (Gus Majid), Abdul Rouf (Gus Rouf), dan Zuhrul Anam. Yasin mengatakan pertemuan awalnya diagendakan berlangsung lima menit saja, tetapi molor hingga 10-15 menit.

Menurut dia, pembicaraan dengan Rizieq hanya seputar sosok Mbah Moen yang berpulang pada Selasa (6/8/2019) lalu. "Pembicaraan di dalam mengenang Kiai Maimoen dan terkait pemakaman, tidak lebih dari itu," kata dia.

Sumber : Antara