Lagi, Megawati Kembali Jadi Ketua Umum PDIP

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani (kedua kanan) dan Politikus PDI Perjuangan Prananda Prabowo (kedua kiri) berjalan memasuki ruangan Pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8 - 2019). (Antara/Fikri Yusuf)
08 Agustus 2019 19:30 WIB Lalu Rahadian Nasional Share :

Solopos.com, DENPASAR -- Megawati Soekarnoputri disebut telah terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum PDIP periode 2019-2024. Menurut Ketua DPP PDIP nonaktif periode 2015-2020 yang juga putri Megawati, Puan Maharani, seluruh peserta Kongres Nasional V PDIP telah sepakat memilih Megawati.

Meski demikian, Megawati kemungkinan baru dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP Jumat (9/8/2019) esok. “Pengukuhannya bukan malam ini. Nanti malam masih tambahan-tambahan dari DPD dan DPC, kemungkinan besok," ujar Puan di Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019).

Meski Megawati disebut terpilih sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024. Namun kejelasan mengenai ada atau tidaknya jabatan Ketua Harian  di struktur DPP PDIP yang baru belum terlihat.

Puan mengatakan akan ada kejutan-kejutan dalam Kongres V PDIP yang berlangsung hingga Sabtu (10/8/2019). Kejutan itu di antaranya terkait kabinet yang akan datang.

“Bahwa kemudian ada kejutan-kejutan lain ya tunggu besok sampai Ketum dikukuhkan, baru kita bisa bicara bagaimana kabinet yang akan datang,” ujarnya.

Kongres V PDIP telah resmi dibuka Megawati pada Kamis siang tadi. Dalam pidato pembukaannya, Megawati mengingatkan kader-kadernya agar tetap solid bergerak meski PDIP sudah memenangkan Pileg dua kali berturut-turut.

Megawati juga meminta adanya tambahan jatah menteri untuk PDIP kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini ada tiga kader PDIP yang menjabat menteri di Kabinet Kerja.

Sumber : Bisnis/JIBI