Besok, Jokowi Kunjungi Malaysia dan Singapura

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada Visi Indonesia di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat Minggu (14/7 - 2019). (Antara/Hafidz Mubarak)
07 Agustus 2019 11:45 WIB Septina Arifiani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Kuala Lumpur (Malaysia) dan Singapura pada Kamis-Jumat (8-9/8/2019).

Menurut Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Denny Abdi, dalam kunjungan ke Kuala Lumpur (Malaysia) itu, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad.

“Ini merupakan kunjungan balasan setelah Mahathir melakukan kunjungan bilateral pertama ke Indonesia pada Juni 2018, satu bulan setelah dirinya dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia,” kata Denny kepada wartawan di Kantor Kemlu RI, Jakarta, Selasa (6/8/2019) kemarin.

Denny sebagaimana dilansir Antara menyebutkan, pertemuan Presiden Jokowi dengan PM Mahathir itu akan membahas sejumlah isu, di antaranya akses pendidikan untuk anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia, kemajuan negosiasi perbatasan baik darat maupun laut, dan isu-isu lain yang sifatnya lebih kompleks menyangkut hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia.

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Kemeterian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, menambahkan, setelah menginap semalam di Kuala Lumpur, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanannya ke Singapura, Jumat (9/8/2019), untuk menghadiri Hari Peringatan Kemerdekaan Singapura yang ke-54.

“Acara Peringatan Hari Kemerdekaan Singapura itu juga akan dihadiri oleh PM Malaysia Mahathir Mohammad dan Sultan Brunei Darussalam, Hasnah Bolkiah,” ungkap Faizasyah.