Sejarah Hari Ini: 6 Agustus 1945, Bom Atom AS Hancurkan Hiroshima

Ilustrasi ledakan bom aton di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945 (Wikimedia.org)
06 Agustus 2019 00:20 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Pesawat Amerika Serikat, Enola Gay, menjatuhkan bom atom little boy di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945. Bom yang meledak sekitar pukul 08.16 pagi itu meluluhlantakkan Kota Hiroshima dalam sekejap.

Pengeboman di Hiroshima menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 6 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 6 Agustus yang dihimpun dari The People History dan Wikipedia:

135
Pasukan Romawi menyerbu benteng milik Yahudi di Betar, wilayah barat daya Yerusalem. Serangan itu berhasil meredam pemberontakan kaum Yahudi sejak 132 yang disebut Pemberontakan Bar Kokhba.

601
Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul terakhir oleh Allah untuk menyebarkan ajaran Islam pada 6 Agustus 610. Kala itu, dia yang bersemedi di Gua Hira menerima wahyu pertama berupa surat Al ‘Alaq ayat 1-5.

1717
Raja pertama Kesultanan Yogyakarta, Raden Mas Sujana, lahir di Kasunanan Kartasura, Hindia-Belanda atau kini Indonesia, 6 Agustus 1717. Setelah dewasa, Raden Mas Sujana menyandang gelar Pangeran Mangkubumi. Tetapi, dia dikenal luas sebagai raja pertama di Kesultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I yang memerintah dari 1755 hingga 1792.

1825
Bolivia mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Sebelumnya, rakyat Bolivia memperjuangkan kemerdekaan itu dalam Perang Kemerdekaan Bolivia sejak 1809.

1914
Pasukan Angkatan Laut Jerman menyerang kapal perang Inggris di Laut Utara. Serangan itu terjadi dua hari setelah Inggris mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Peristiwa itu menyebabkan pecahnya Pertempuran Atlantik yang berlangsung hingga Oktober 1918.

1940
Uni Soviet mencaplok wilayah Estonia setelah berhasil menyerobot wilayah Latvia terlebih dahulu. Dengan demikian, Estonia merupakan urutan ke-16 yang menjadi negara anggota Uni Soviet. Estonia meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991.

1945
Bom atom milik Amerika Serikat (AS) yang dinamai Little Boy dijatuhkan di Hiroshima, Jepang. Serangan bom atom itu menewaskan 80.000 nyawa. Radiasi bom atom menambah jumlah korban tewas sekitar 60.000 orang hingga akhir tahun. Mereka meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan paparan radiasi bom tersebut.

 Vina Panduwinata (Pictagram)

1959
Penyanyi Indonesia, Vina Panduwinata, lahir pada 6 Agustus 1959. Dia merupakan salah satu diva ternama dengan lagu hits Burung Camar.

1997
Perusahaan multi-nasional Amerika Serikat yang berfokus pada komputer dan jaringannya, Microsoft, membeli saham milik Apple Computer. Saham tersebut dibeli seharga US$150 juta karena Apple Computer mengalami krisis keuangan.

 W.S Rendra (Pictagram)

2009
Seniman asal Solo, Jawa Tengah, W.S. Rendra meninggal dunia. Sastrawan bernama lengkap Willibrordus Surendra Broto Rendra yang kerap dijuluku Burung Merak ini memiliki berbagai karya tulis yang luar biasa. Dia juga merupakan pendiri Bengkel Teater di Jogja yang melahirkan beberapa seniman terkenal.