Serban Hijau dari Maimoen Zubair Jadi Kenangan Jokowi

Maimoen Zubair (kanan) memberikan serban kepada Presiden Jokowi (kiri). (Twitter/jokowi)
06 Agustus 2019 17:40 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Kabar meninggalnya ulama sekaligus politikus, Maimoen Zubair, Selasa (6/7/2019), memicu duka mendalam bagi Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Jokowi merasa sangat kehilangan sosok ulama karismatik tersebut.

Melalui akun Twitternya, @jokowi, orang nomor wahid di Nusantara tersebut mengenang barang pemberian Maimoen Zubair, yakni serban berwarna hijau.

"Sorban hijau ini dikalungkan sendiri oleh Kiai Haji Maimun Zubair. Hari ini, sang empunya sorban wafat di Makkah. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga Allah SWT memberi Mbah Moen tempat yang lapang di sisi-Nya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Amin," tulisnya.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), Jokowi berbelasungkawa atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Oleh sebab itu, kita sangat kehilangan, dan atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, kita semua berbelasungkawa, atas wafatnya beliau, semoga diterima di tempat yang terbaik, di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan," ucapnya kepada wartawan usai membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019) pagi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengenang kunjungannya ke rumah Maimoen Zubair di Pondok Pesantren Al–Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah (Jateng). Setiap berkunjung, Jokowi mengaku pasti diajak masuk ke kamar Maimoen Zubair.

Bahkan pada kunjungan terakhir, Jokowi mengaku diajak salah magrib bejamaah dan menjadi makmum Maimoen Zubair di kamarnya. Serban hijau yang diberikan Maimoen Zubair pun masih ia simpan sebagai kenangan.

Maimoen Zubair meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi saat menunaikan ibadah haji. Jenazah dari ketua dewan syuro PPP itu kabarnya akan dimakamkan di Makkah.