Sejarah Hari Ini: 4 Agustus 1914, Inggris Nyatakan Perang ke Jerman

Calon tentara Inggris di London yang menunggu panggilan untuk mengikuti Perang Dunia I, 1914. (Wikimedia.org)
04 Agustus 2019 00:20 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Pada 4 Agustus 1914, Inggris mendeklarasikan perang kepada Jerman. Deklarasi ini terjadi beberapa hari setelah Jerman menyatakan perang terhadap Rusia dan Prancis.

Pernyataan Inggris yang secara terang-terangan menantang Jerman pada Perang Dunia I merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 3 Agustus yang layak dikenang. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 3 Agustus yang layak dikenang.

Berikut beberapa cacatan peristiwa bersejarah dunia hari ini yang dihimpun Solopos.com dari The People History dan Wikipedia:

1701
Kerajaan Prancis dan Konfederasi Haudenosaunee menandatangani Perjanjian Damai Montreal di Montreal, Kanada. Perjanjian itu dibuat untuk menciptakan perdamaian antara Prancis dengan Konfederasi Haudenosaunee yang terdiri atas beberapa bangsa dan suku pribumi Amerika Utara.

1824
Pertempuran antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Yunani meletus di Pulau Kos, Yunani. Perang berkecamuk guna memperebutkan wilayah Kos yang berakhir dengan kemenangan Yunani.

1914
Inggris mendeklarasikan perang kepada Jerman. Deklarasi ini terjadi beberapa hari setelah Jerman menyatakan perang terhadap Rusia dan Prancis. Dengan demikian, Inggris menggabungkan kekuatan dengan Rusia dan Prancis pada Perang Dunia I. Pada hari yang sama, Amerika Serikat menyatakan bersikap netral dalam Perang Dunia I.

1915
Pasukan Jerman menguasai Warsawa, Polandia setelah mengalahkan Rusia. Kemenangan Jerman itu diraih melalui Serangan Gorlice-Tarnow.

1916
Amerika Serikat membeli Kepualauan Virgin yang dikuasai Denmark. Amerika Serikat harus membayar senilai US$25 kepada pemerintah Denmark.

 Abdurrahman Wahid Alias Gus Dur (Wikipedia)

1940
Presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid lahir di Jombang, Jawa Timur. Dia kemudian dikenal sebagai tokoh muslim Indonesia. Pria yang akrab disapa Gus Dur tersebut menjabat sebagai Presiden keempat Indonesia sejak 1999 hingga 2001. Dia meninggal dunia dalam usia 69 tahun pada 2009 silam.

1961
Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Hussein Obama lahir di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, 4 Agustus 1961. Barack Obama merupakan orang kulit hitam pertama yang menduduki kursi Presiden Amerika Serikat. Dia menjabat sebagai presiden sejak 2009 hingga 2017.

1983
Presiden Burikina Faso, Blaise Compaore, melakukan kudeta yang membuat temannya, Thimas Sankara menjadi Presiden Volta Hulu.

 Mbah Surip (Pictagram)

2009
Penyanyi Indonesia, Urip Achmad Rijanto, meninggal pada 4 Agustus 2009 dalam usia 52 tahun. Pria yang akrab disapa Mbah Surip itu dikenal berkat gaya eksentrik dan cara tertawanya unik. Lagunya bertajuk Tak Gendong yang dirilis pada 2003 populer hingga sekarang.

2011
Permainan fisika berbasis video teka-teki bertajuk Cut the Rope dirilis. Permainan ini dimainkan dengan cara memberi makan permen kepada makhluk hijau bernama Om Nom sambil mengumpulkan bintang.