Sejarah Hari Ini: 3 Agustus 1914, Rumania Sempat Netral di PD I

Pasukan Rumania melakukan pertempuran, 1917, setelah mencabut sikap netralnya dan bergabung dengan Sekutu dalam Perang Dunia I. (Wikimedia.org)
03 Agustus 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 3 Agustus 1914, Rumania mendeklarasikan sikap netral pada Perang Dunia I. Namun pada 1916, Rumania akhirnya bergabung dengan Sekutu dan turut serta dalam Perang Dunia I.

Penegasan sikap netral Rumania dalam Perang Dunia I itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 3 Agustus dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 3 Agustus:

1492
Christopher Colombus memulai pelayaran pertamanya dari Palos de la Frontera, Spanyol. Dalam pelayaran pertamanya itu, Colombus mengemban misi untuk menemukan jalur laut ke India.

1783
Gunung Asama di Honshu, Jepang meletus dan menewaskan sekitar 35.000 orang. Gunung Asama memang dikenal sebagai gunung yang kerap erupsi, namun letusan pada 1783 menjadi yang paling mematikan yang tercatat sepanjang sejarah.

1914
Di awal Perang Dunia I, Jerman mendeklarasikan perang terhadap Prancis. Padahal, dua hari sebelumnya, Jerman telah mendeklarasikan perang terhadap Rusia. Di Perang Dunia I, Jerman lantas membentuk Blok Sentral bersama Austria-Hungaria, Kesultanan Ottoman, Bulgaria, dan beberapa negara lainnya. Sedangkan Prancis dan Rusia membentuk Blok Sekutu bersama Inggris, Amerika Serikat (AS), Italia, dan negara-negara lain.

1914
Rumania mendeklarasikan sikap netral pada Perang Dunia I. Namun kenetralan itu hanya bertahan selama dua tahun. Rumania lantas bergabung dengan Blok Sekutu dalam Perang Dunia I pada 1916.


Pasukan Australia dalam Pertempuran Romani. (Wikimedia.org)
1916
Pertempuran antara pasukan Kerajaan Inggris dan Kerajaan Ottoman meletus di sekitar Terusan Suez. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Dunia I itu dikenang dengan nama Pertempuran Romani. Inggris yang dibantu India, Australia, dan Selandia Baru berhasil mengalahkan Ottoman yang dibantu Jerman dan Austria-Hungaria.

1940
Italia mulai menginvasi Somaliland Britania demi merebutnya dari pasukan Sekutu. Setelah 16 hari bertempur melawan pasukan Sekutu, Italia berhasil menduduki Somaliland hingga 1941.

1940
Pasukan Inggris menyerang Jerman dan memasang target untuk membombardir 100 kota di Jerman melalui serangan udara. Namun serangan Inggris itu dibalas Jerman, juga dengan serangan udara, yang lantas membombardir beberapa kawasan Inggris di bagian barat laut.

1960
Nigeria meraih kemerdekaan dari Prancis. Sebelumnya, Nigeria menjadi koloni Prancis sejak 1922.


James Alan Hetfield. (Reuters)
1963
James Alan Hetfield lahir di Dowey, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai vokalis dan gitaris di grup band Metalica. Sejak berdirinya Metalica pada 1981, posisi Hetfield belum pernah tergantikan hingga kini.

1978
Pasukan Israel melancarkan serangan ke markas gerilyawan Palestina di Lebanon bagian selatan. Serangan itu dilakukan sebagai balasan atas bom yang diledakkan gerilyawan Palestina di sebuah pasar di Tel Aviv, Israel.