Sejarah Hari Ini: 31 Juli 1941, Jerman Siapkan Operasi Pemusnahan Yahudi

Orang Yahudi Jerman yang ditampung di Auschwitz, Polandia, 1944. (Wikimedia.org)
31 Juli 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Nazi Jerman menyiapkan segala hal untuk memusnahkan Yahudi di Eropa pada 31 Juli 1941. Operasi tersebut dinamai Solusi Akhir Yahudi.

Persiapan Solusi Akhir Yahudi itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 31 Juli dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 31 Juli:


Lukisan yang menggambarkan Pertempuran Cravant. (Wikimedia.org)
1423
Pasukan Inggris mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Cravant di dekat Cravant, Loire, Prancis. Salah satu pertempuran di masa Perang 100 Tahun itu meletus setelah Prancis berupaya merebut wilayah kekuasaan Inggris di Loire.

1492
Pemerintahan Monarki Katolik Spanyol mengeluarkan Dekret Alhambra yang memerintahkan pengusiran orang-orang Yahudi dari Spanyol. Dekret tersebut baru dicabut pada 16 Desember 1968. Kini, ada sekitar 50.000 orang Yahudi yang tinggal di Spanyol.

1904
Pertempuran Hsimucheng yang melibatkan pasukan Jepang dan pasukan Rusia meletus di kawasan antara Liaoyang dan Pelabuhan Arthur, Manchuria, dekat Tiongkok. Pertempuran itu berhasil dimenangi Jepang dengan mundurnya pasukan Rusia dari Liaoyang.

1920
Sekitar 2 juta liter wiski ilegal disita di New York dan Chicago, Amerika Serikat (AS). Hal tersebut adalah bagian dari serangkaian upaya AS dalam memberantas peredaran minuman keras ilegal.

1938
Bulgaria menandatangani perjanjian non-agresi dengan negara-negara Balkan, yakni Yunani, Turki, Rumania, dan Yugoslavia. Perjanjian itu dibuat setelah Pakta Balkan yang ditandatangani pada 1934 tak mampu membendung konflik antara negara tersebut.

1941
Berdasarkan instruksi pemimpin Jerman Adolf Hitler, Perwira Nazi Hermann Goring memerintahkan Jenderal Reinhard Heydrich untuk melakukan segala persiapan pelaksanakan operasi yang dinamai Solusi Akhir Yahudi. Dari operasi tersebut, Jerman berniat memusnahkan semua orang Yahudi di Eropa.

1963
Indonesia, Federasi Malaya, dan Filipina menandatangani Persetujuan Manila di Manila, Filipina. Persetujuan tersebut diatandatangani untuk bersepakat dengan keinginan rakyat Sabah dan Sarawak dalam menggelar pemilihan umum yang bebas tanpa paksaan.

1965
Joanne Kathleen Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai penulis yang telah menorehkan karya luar biasa, yakni novel seri Harry Potter.


Fidel Castro. (Wikimedia.org)
2006
Fidel Castro menyerahkan kekuasaannya sebagai presiden Kuba kepada saudaranya yang juga wakilnya, Raul Castro. Keputusan itu diambil karena kondisi kesehatan Fidel Castro yang terus menurun. Meski demikian, Raul baru dilantik secara resmi sebagai presiden Kuba pada 2008.

2007
Operasi Bendera yang dilaksanakan pasukan Inggris di Irlandia Utara berakhir. Operasi yang dimulai sejak 1969 tersebut menjadi operasi militer terpanjang yang pernah dilaksanakan Inggris. Operasi itu bertujuan mengamankan wilayah Irlandia Utara yang akan dicaplok Republik Irlandia.