Jonatan Christie Jadi Nomor 1 Dunia Versi BWF World Tour

Pebulu tangkis putra Indonesia Jonatan Christie. (Antara/Hafidz Mubarak A)
31 Juli 2019 23:30 WIB Samdysara Saragih Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Kendati gagal merebut gelar juara Japan Open 2019, pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie alias Jojo berhasil menduduki peringkat pertama dunia dalam pemeringkatan menuju BWF World Tour Finals 2019.

Pekan ini, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan posisi Jojo naik satu setrip dari peringkat kedua menjadi nomor wahid dengan 60.260 poin. Keberhasilan itu tak terlepas dari tambahan poin sebagai finalis Japan Open 2019 pekan lalu.

Persis di bawah Jojo adalah juara Japan Open 2019, Kento Momota, yang juga berhasil merangkak satu nomor dengan koleksi 58.340 poin. Di posisi Top 4, bercokol pula rekan seasrama Jojo, Anthony Sinisuka Ginting, yang nangkring di peringkat keempat.

Dibandingkan dengan tahun lalu, sepanjang 2019 performa Jojo lebih moncer kala mengikuti penyelenggaraan turnamen BWF World Tour Events. Dari sepuluh kejuaraan, dia merebut juara di Australian Open dan New Zealand Open 2019. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu juga masuk semifinal di Indonesia Masters dan Malaysia Open 2019.

BWF World Tour Finals 2019 adalah turnamen puncak sekaligus penutup dari 27 kejuaraan BWF World Tour Events tahun ini. Turnamen itu akan digelar oleh BWF pada 11-15 Desember 2019 di Guangzhou, China.

Hanya delapan pemain top baik di nomor tunggal maupun ganda yang dapat mengikuti BWF World Tour Finals 2019. Kontestan ditentukan lewat akumulasi poin dari seluruh turnamen BWF World Tour Events sepanjang 2019 melalui pemeringkatan HSBC Race to Guangzhou Rankings.

Pemeringkatan tersebut berbeda dengan BWF World Rankings yang menghitung poin pemain setahun ke belakang termasuk di turnamen besar seperti World Championship, Thomas dan Uber Cup, serta Asian Games.

Untuk BWF World Rankings, pekan ini Jojo bertengger di peringkat keenam, naik satu tangga dari pekan lalu. Sebaliknya, Anthony Ginting melorot satu setrip dari peringkat kedelapan menjadi peringkat kesembilan.

Kento Momota masih memuncaki daftar pemain elite Top 5, disusul oleh Shi Yuqi, Chou Tien Chen, Chen Long, dan Victor Axelsen.

Sumber : Bisnis/JIBI