Sejarah Hari Ini: 27 Juli 1953, Perang Korea Berakhir

Penandatanganan gencatan senjata untuk mengakhiri Perang Korea di Panmunjom, wilayah antara Korut dan Korsel, 27 Juli 1953. (Wikimedia.org)
27 Juli 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 27 Juli 1953. Perang Korea berakhir setelah Amerika Serikat (AS), Tiongkok, dan Korea Utara (Korut) menandatangani persetujuan gencatan senjata di Panmunjom, wilayah antara Korut dan Korea Selatan (Korsel).

Berakhirnya Perang Korea merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 27 Juli. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 27 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 27 Juli:

1054
Pasukan Northumbria pimpinan Pangeran Siward menyerbu Firth of Forth , Skotlandia. Siward bersama pasukannya berhasil mengalahkan pasukan Skotlandia pimpinan Mac Bethad. Kisah itu lantas makin terkenal setelah sastrawan William Shakespeare mengisahkannya dalam sebuah drama tragedi berjudul Macbeth.

1202
Pasukan Kerajaan Georgia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Rum dalam Pertempuran Basian di dekat Basian, Turki. Pertempuran itu adalah salah satu rangkaian konflik antara raja Georgia dengan para penguasa Seljuk.

1214
Pasukan Prancis pimpinan Philip II berhasil mengalahkan pasukan Inggris dan Flandaria pimpinan Otto IV. Kemenangan Prancis itu sekalgius menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Avengin di wilayah Prancis yang dipimpin Raja Inggris, John.

1941
Jepang menempatkan pasukannya di Tonkin, Vietnam. Tindakan itu adalah upaya Jepang merebut wilayah Indochina dari tangan Prancis.


Panser Jerman dalam Pertempuran El Alamein Pertama. (Wikimedia.org)
1942
Pertempuran El Alamein Pertama yang melibatkan pasukan Blok Poros dan Sekutu di El Alamein, Mesir berakhir dengan kemenangan Sekutu. Pasukan Sekutu berhasil memenangi perang tersebut setelah bertempur selama 27 hari.

1949
Pesawat komersil bermesin jet pertama di dunia, De Havilland Comet, melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat itu kali pertama dioperasikan British Overseas Airways Corporation (BOAC).

1953
Perang Korea berakhir setelah Amerika Serikat (AS), Tiongkok, dan Korea Utara (Korut) menandatangani persetujuan gencatan senjata di Panmunjom, wilayah antara Korut dan Korea Selatan (Korsel). Namun Presiden Korsel Syngman Rhee menolak menandatanganinya. Meski demikian, ia berjanji menghormati kesepakatan gencatan senjata tersebut.

1955
Pendudukan Sekutu di Austria sejak 1945 berakhir. Sekutu menduduki Austria setelah memenangi Perang Dunia II. Saat Perang Dunia berakhir, Sekutu memiliki kontrol di beberapa wilayah bekas kekuasaan Jerman, salah satunya Austria.


Bendera Belarusia. (Reuters)
1990
Otoritas Uni Soviet memberikan kemerdekaan bagi Belarusia. Dengan begitu, rakyat Belarusia merayakan hari kemerdekaannya pada 27 Juli setiap tahunnya. Namun pada 1996, pemerintah Belarusia menetapkan 3 Juni sebagai Hari Kemerdekaan Belarusia.

2002
Sebuah pertunjukan udara di Lviv, Ukraina berubah menjadi bencana ketika pesawat Sukhoi SU-27 yang dikendalikan pilot Volodymyr Toponar dan ko-pilot Yuriy Yegorov jatuh. Sebanyak 27 orang tewas dan 543 orang luka-luka akibat peristiwa itu. Tragedi tersebut menjadi kecelakaan pertunjukan udara paling mematikan.