Mendagri: Pak Anies Setahun Berapa Kali ke Luar Negeri?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau penyegelan di Pulau D reklamasi Teluk Jakarta, Jakarta, Kamis (7/6 - 2018) lalu. (Antara / Dhemas Reviyanto)
22 Juli 2019 18:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sering berpergian ke luar negeri. Padahal Anies kini tidak didampingi wakil gubernur setelah mundurnya Sandiaga Uno yang mengikuti Pilpres 2019.

Tercatat Anies telah melakukan kunjungan ke 7 negara dalam dua tahun periodenya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal ini pun menjadi sorotan oleh sejumlah pihak termasuk dari kalangan DPRD DKI Jakarta.

"Pak Anies enggak ada wakil, tapi satu tahun berapa kali dia? Hampir sebulan dua, tiga kali. Ada lho gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Konteks Tjaho mengatakan itu karena habis mengeluarkan Surat Edaran perjalanan luar negeri kepala daerah dengan Nomor 009/5546/SJ. Lalu dia mengatakan banyak gubernur yang sering berpergian ke luar negeri. Tjahjo pun mengaku kesulitan untuk mencegahnya karena banyak alasan dari pemerintah daerah.

"Namanya cari ilmu, namanya undangan. Tapi kalau diizinkan ya kok tiap minggu?" tandas Tjahjo.

Terakhir, Anies bertolak ke Kota Medellin, Kolombia, Selasa (9/7/2019) lalu. Terkait kunjungannya ke negara bagian Amerika Latin itu, Anies menyerahkan seluruh masalah Jakarta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah.

Anies mengatakan tujuannya ke Medellin untuk menghadiri acara pertemuan pimpinan kota di dunia World Cities Summit. Anies menjadi pembicara pada pertemuan tersebut.

Sumber : Suara.com