Survei Inggris: Susi Pudjiastuti dan BJ Habibie Paling Dikagumi di Indonesia

Susi Pudjiastuti (Instagram/susipudjiastuti115)
21 Juli 2019 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Susi Pudjiastuti merupakan salah satu menteri yang cukup eksis di Indonesia. Buktinya, Susi Pudjiastuti menjadi wanita paling dikagumi di Indonesia menurut hasil survei dari lembaga Inggris, You Gov.

Susi Pudjiastuti mencatat skor kekaguman sebesar 16,41 persen. Wanita yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan itu dikagumi karena sifat tegas, gaya bicara yang ceplas ceplos, dan penampilan nyentrik.

Hasil survei itu membuktikan Susi Pudjiastuti merupakan wanita paling populer di Indonesia dibandingkan jurnalis Najwa Shihab. Tuan rumah Mata Najwa ini menduduki peringkat kedua dengan skor kekaguman sebesar 13,26 persen. Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani berada di tempat ketiga wanita paling dikagumi di Indonesia. Dia mengantongi skor kekaguman sebesar 11,52 persen.

Sementara pria yang paling dikagumi di Indonesia ternyata adalah Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ketiga Republik Indonesia ini meraih skor kekaguman 15,19 persen. Sementara Presiden Joko Widodo berada di urutan kedua dengan skor 14,12 persen. Peringkat ketiga diisi oleh ustaz kondang, Abdul Somad. Ustaz yang kental dengan logat Melayu itu mengantungi skor kekaguman sebesar 8,06 persen.

Dikutip dari Detik, Sabtu (20/7/2019), hasil survei itu dilakukan pada Desember 2018. You Gov mengumpulkan nominasi terbuka dari panelis di 41 negara dengan pertanyaan tentang orang yang paling dikagumi, baik dari kalangan pria maupun wanita.

Nominasi tersebut kemudian dipakai untuk menyusun daftar nama 20 pria dan 20 wanita yang mendapat suara terbanyak minimal di empat negara. Jajak pendapat ini dilakukan lewat Internet yang dipakai lebih dari dua pertiga populasi penduduk dunia. Namun, ada beberapa negara yang lebih terwakili daripada lainnya karena beberapa faktor utama, yakni ketersediaan koneksi Internet.