Sejarah Hari Ini: 20 Juli 1969, Manusia Pertama Mendarat di Bulan

Edwin Aldrin berpose di Bulan dan difoto Neil Armstrong, 20 Juli 1969. (Wikimedia.org)
20 Juli 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Astronaut asal Amerika Serikat (AS), Neil Armstrong dan Edwin Aldrin, menyatakan bahwa mereka telah menginjakkan kaki di Bulan, 20 Juli 1969. Hal itu merupakan pendaratan pertama manusia di Bulan.

Mendaratnya manusia pertama di Bulan itu adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-201—hari ke 202 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 20 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 20 Juli:

1402
Pasukan Kekaisaran Timuriyah pimpinan Kaisar Timur mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman yang dipimpin Sultan Bayezid I dalam Pertempuran Ankara di Ankara, Turki. Kemenangan Kekaisaran Timuriyah itu membuat Kesultanan Ottoman mengalami kemunduran. Namun kekuasaan Timuriyah atas Ottoman hanya berlangsung selama tiga tahun. Setelah Kaisar Timur meninggal, Kekaisaran Timuriyah justru mengalami kemunduran dan Kekaisaran Ottoman kembali bangkit.

Lukisan karya Carl Frederik Sorensen, 1868, yang menggambarkan Pertempuran Lissa, 1866. (Wikimedia.org)
1866
Armada Angkatan Laut Austria berhasil mengalahkan Angkatan Laut Italia dalam Pertempuran Lissa di perairan Lissa atau kini Kroasia. Pertempuran itu adalah bagian dari Perang Austro-Prusia. Dalam perang tersebut, Italia menjadi sekutu dari Pruisia dalam melawan Austria dan sekutunya.

1928
Pasukan Uni Soviet melintasi Sungai Amur menuju wilayah perbatasan antara Uni Soviet dan Tiongkok di wilayah Manchuria. Hal itu dilakukan Uni Soviet untuk mengamankan wilayah perbatasan menyusul ketegangan yang terus meningkat dengan Tiongkok.

1933
Sebanyak 200 orang Yahudi yang bekerja sebagai pedagang di Jerman ditangkap dan diarak mengelilingi Kota Nurenberg, Jerman. Peristiwa itu menjadi salah satu awal dari penindasan terhadap orang-orang Yahudi di Jerman.

1944
Seorang kolonel dalam kesatuan militer Jerman, Claus Schenk Graf von Stauffenberg, gagal membunuh pemimpin Jerman, Adolf Hitler. Ia lantas dieksekusi mati sehari kemudian karena usaha percobaan kudeta dengan membunuh Hitler.

1951
Raja Yordania, Abdullah I, ditembak mati kaum nasionalis Yordania saat mengunjungi Kubah Shakhrah, Yerusalem, Palestina. Kaum nasionalis melakukan pembunuhan itu karena Abdullah I menyetujui perjanjian damai dengan Israel.

1969
Astronaut asal Amerika Serikat (AS) Neil Armstrong dan Edwin Aldrin menyatakan bahwa mereka telah menginjakkan kaki di Bulan. Pendaratan manusia di Bulan untuk kali pertama itu adalah bagian dari misi Appolo 11 yang dijalankan NASA. Dalam misi itu, Armstrong dan Aldrin menuju Bulan bersama Michael Collins. Namun yang menginjakkan kaki di Bulan hanya Armstrong dan Aldrin.

Lee Jun Fan alias Bruce Lee. (Brucelee.com)
1973
Lee Jun Fan atau yang lebih dikenal dengan nama Bruce Lee meninggal dunia di usia 32 tahun. Sembilan hari setelah kematiannya, tim forensik menyatakan Bruce Lee meninggal dunia karena mengalami pembengkakan otak setelah meminum obat sakit kepala. Semasa hidupnya, Bruce Lee dikenal luas sebagai aktor dan ahli kungfu.

1974
Pasukan Turki mulai menginvasi Siprus dan memicu pertempuran dengan pasukan Yunani. Pasukan Yunani yang lebih dahulu menginvasi Siprus berusaha mencegah masuknya pasukan Turki. Pertempuran antara kapal perang Yunani dan Turki terjadi di pelabuhan sebelah barat daya Siprus.

1976
NASA untuk kali pertama mengklaim wahana luar angkasanya telah mendarat di Planet Mars. Wahana itu adalah Viking I yang diluncurkan NASA sejak 20 Agustus 1975.