Sejarah Hari Ini: 18 Juli 64, Kaisar Nero Dianggap Bakar Kota Roma

Lukisan karya Hubert Robert, 1785, menggambarkan kebakaran besar di Roma, 18 Juli 64. (Wikimedia.org)
18 Juli 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 18 Juli 64, kebakaran besar melanda Kota Roma. Kaisar Romawi, Nero, dianggap sebagai dalang di balik kebakaran tersebut.

Kebakaran besar di Roma yang dianggap dilakukan Kaisar Nero itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 18 Juli. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 18 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 18 Juli:

390 SM
Bangsa Galia yang menginvasi Kota Roma berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Romawi dalam Pertempuran Allia. Kekalahan tentara Kekaisaran Romawi itu membuat Bangsa Galia secara leluasa menjarah harta benda milik warga dan bangsawan Romawi.

64
Kebakaran besar melanda Kota Roma. Bangunan rumah penduduk yang kebanyakan terbuat dari kayu membuat kobaran api dengan cepat meluas. Kaisar Romawi, Nero, dianggap sebagai dalang di balik kebakaran tersebut. Nero dianggap membakar Kota Roma untuk memusnahkan pemeluk Kristen.

1195
Pasukan Kekhalifahan Muwahhidun pimpinan Abu Yusuf Ya’qub Al-Mansur mengalahkan pasukan Kerajaan Kastilia yang dipimpin Pedro Fernandez de Castro dalam Pertempuran Alarcos di Alarcos atau kini Ciudad Real, Spanyol. Dalam pertempuran itu, sekitar 250.000 tentara Kerajaan Kastilia tewas.

1806
Gudang yang menyimpan bubuk mesiu milik Inggris di Brigu, Malta meledak. Dari ledakan 18 ton bubuk mesiu itu, 200 orang yang terdiri atas tentara Inggris dan warga sipil tewas.

Nelson Rolihlahla Mandela. (History.com)
1918
Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan (Afsel). Ia lantas dikenal luas sebagai revolusioner sekaligus menjadi orang berkulit hitam pertama yang menjadi presiden di Afsel. Nelson Mandela meninggal dunia di Johannesburg, Afsel pada 2013 lalu pada usia 95 tahun.

1925
Untuk kali pertama, buku karangan Adolf Hitler diluncurkan. Buku yang ditulis dan diluncurkan saat Hitler belum menjadi pemimpin Jerman itu memiliki judul Mein Kampf yang berarti Perjuanganku.

1936
Perang Saudara Spanyol antara pasukan pemberontak yang disebut dengan kaum Nasionalis dengan pasukan Republik Spanyol dimulai. Melalui perang itu, kaum Nasionalis berhasil menggulingkan pemerintahan Republik Spanyol setelah berperang selama hampir tiga tahun.

1944
Hideki Tojo mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Jepang. Ia melepaskan jabatan yang sudah ia pangku sejak 1941 itu karena merasa gagal membawa Jepang berjaya dalam kancah Perang Dunia II.

Nelson Rolihlahla Mandela. (History.com)
1967
Mark Sinclair lahir di Alameda County, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor, sutradara, serta produser film dengan nama beken Vin Diesel. Perannya yang terkenal adalah saat dirinya menjadi Dominic Toretto pada seri film Fast and Furious. Dalam film Fast and Furious, Vin Diesel bukan hanya menjadi aktor, namun juga menjadi produser film tersebut.

1968
Intel Corporation didirikan di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) oleh Gordon Moore dan Robert Noyce. Kini, Intel dikenal sebagai salah satu perusahaan produsen mikroprosesor terbesar di dunia.