Infrastruktur 4 Prioritas Bali Baru Ditarget Rampung 2020

Ilustrasi Pulau Bali (Antara)
16 Juli 2019 13:00 WIB Septina Arifiani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengemukakan, dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas atau 10 Bali Baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan empat yang super prioritas, yaitu Danau Toba, Mandalika, Borobudur, dan Labuhan Bajo.

“Apa yang diinginkan oleh Pak Presiden secara singkat saja, tahun 2020 semua fasilitas, utilitas infrastruktur, dan utilitas dasar harus selesai. Jadi apa itu, 3A-nya harus selesai. Yang pertama, atraksinya harus kelas dunia. Yang kedua aksesnya. Yang ketiga amenitasnya,” kata Arief Yahya kepada wartawan setelah mengikuti Rapat Terbatas tentang Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7/2019) sore.

Arief Yahya sebagaimana dilansir Setkab.go.id, menunjuk contoh Danau Toba misalnya, traksinya harus mendapatkan UGG, UNESCO Global Geopark, tahun ini. Yang kedua, aksesnya harus selesai semua. Bandara Silangit sudah jadi bandara internasional, tol dari Kualanamu sampai Tebing Tinggi harus sudah selesai, dan lain sebagainya. Lalu yang ketiga amenitas, orang sudah investasi.

Menteri Pariwisata mengingatkan, sekarang sudah ada investasi sebesar Rp6 triliun untuk pengembangan Danau Toba itu. Karenanya, amenitasnya contoh membangun hotel, dan itu semua harus yang nomor 2, 1 dan 2, atraksi dan akses selesai tahun 2020, dan amenitas sudah mulai tahun 2020.