Jenazah Sutopo BNPB Diterbangkan ke Indonesia Minggu Sore

Sutopo Purwo Nugroho (Instagram sutopopurwo)
07 Juli 2019 13:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Jenazah Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akan diterbangkan dari Guangzhou, China, ke Indonesia pada Minggu (7/7/2019) sore.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Antara Beijing dari Konsulat Jenderal RI di Guangzhou menyebutkan jenazah juru bicara BNPB itu diterbangkan dengan menggunakan pesawat milik Garuda Indonesia.

General Manager Garuda Indonesia Wilayah Guangzhou, Suzana Argentine Walandouw, juga memastikan bahwa jenazah Sutopo diangkut dengan pesawat bernomor penerbangan GA-899 yang bertolak dari Bandar Udara Internasional Baiyun di Guangzhou pada pukul 15.45 waktu setempat (14.45 WIB).

Pesawat komersial tersebut diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada pukul 20.30 WIB.

"Mudah-mudahan nanti semuanya lancar," kata Suzana berharap.

Istri almarhum, Retno Utami Yulianingsih, dan keluarga pendamping juga akan menumpang pesawat yang sama dari Guangzhou.

Seluruh proses pemulangan jenazah Sutopo, termasuk koordinasi dengan pihak Guangzhou St Stamford Modern Cancer Hospital dan Bea Cukai China, dipimpin dan disaksikan langsung oleh Konsul Jenderal RI di Guangzhou Gustanto dan jajaran KJRI.

Setibanya di Indonesia, jenazah direncanakan akan dibawa ke rumah duka di Raffles Hill Blok i6, No 15, Harjamukti, Cimanggis, Sukatani, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, untuk selanjutnya kemudian dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah.