Sejarah Hari Ini: 5 Juli 2004, Indonesia Pertama Pilih Langsung Presiden

Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) dan Jusuf Kalla (kanan), presiden dan wakil presiden yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat pada 2004. (Wikimedia.org)
05 Juli 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Untuk kali pertama, rakyat Indonesia memilih presiden dan wakil presiden secara langsung pada 5 Juli 2004. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla berhasil menjadi presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan langsung pertama itu melalui dua putaran.

Pemungutan suara langsung pertama untuk pilpres di Indonesia itu adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-186—hari ke 187 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 5 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 5 Juli:

1594
Pasukan Portugal pimpinan Pedro Lopes de Sousa mulai menginvasi Kerajaan Kandy di Sri Lanka. Invasi tersebut memicu beberapa pertempuran selama kurang lebih tiga bulan. Pasukan Portugal pada akhirnya meenyerah dan meninggalkan wilayah Kerajaan Kandy.

1811
Venezuela mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol. Deklarasi itu memicu Perang Kemerdekaan Venezuela yang berlangsung hingga 1823. Setelah Spanyol kalah dalam perang tersebut, Venezuela lantas menjadi bagian dari Kolombia Raya hingga 1830.

Louis Reard, perancang bikini asal Prancis. (Wikimedia.org)
1946
Baju renang jenis bikini untuk kali pertama diperkenalkan di Paris, Prancis. Pakaian tersebut dirancang oleh peracang asal Prancis, Louis Reard.

1950
Parlemen Israel mengesahkan undang-undang yang memperbolehkan semua orang Yahudi di seluruh dunia untuk kembali ke Israel. Selain itu, semua orang Yahudi diberi hak untuk menetap di Israel.

1950
Untuk kali pertama, orang Amerika Serikat (AS) terbunuh dalam Perang Korea. Orang tersebut adalah prajurit anggota Regu Bazoka AS bernama Kenneth R. Shadrick.

1975
Cape de Verde meraih kemerdekaan penuh dari Portugal. Sebelumnya, Cape de Verde menjadi wilayah kekuasaan Portugal sejak 1462.

1977
Kudeta militer yang dipimpin Jenderal Muhammad Zia Ul Haq meletus di Pakistan. Kudeta itu berhasil menggulingkan pemerintahan Zulfikar Ali Bhutto.

Shane Steven Filan. (Facebook.com)
1979
Shane Steven Filan lahir di Sligo, Irlandia. Ia lantas dikenal sebagai salah satu personel boyband Westlife. Setelah Westlife bubar pada 2012 silam, Shane memulai kariernya sebagai penyanyi solo dan merilis album bertajuk You and Me pada 2013 lalu.

1996
Untuk kali pertama di dunia, para ilmuwan berhasil menciptakan domba hasil peengkloningan. Para ilmuwan melakukan proses pengkloningan itu di Institut Roslin di Irlandia. Domba tersebut lantas diberi nama Dolly dan mampu bertahan hidup hingga 14 Februari 2003.

2004
Untuk kali pertama, rakyat Indonesia memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Pemlihan presiden langsung itu diikuti lima pasangan calon presiden-calon wakil presiden, yakni Wiranto-Salahuddin Wahid, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo, Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla, dan Hamzah Haz-Agum Gumelar. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Muhammad Jusuf Kalla berhasil menjadi presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan langsung pertama itu.

Kolom 5 hours ago

Cukai Plastik