Gelombang Panas Eropa Diperkirakan Capai 40 Derajat Celcius

Ilustrasi cuaca panas. (Reuters/Ognen Teofilovski)
25 Juni 2019 17:10 WIB Septina Arifiani/Akhdan Fahmi Internasional Share :

Solopos.com, PARIS - Pengamat cuaca memperkirakan gelombang panas akan melanda Eropa pada pekan ini. Suhu ditaksir mencapai 40 derajat celcius di sebagian besar Eropa Barat.

Dilansir dari Bangkok Post, Senin (24/6/2019), gelombang panas yang melanda Inggris, Belgia, hingga Yunani berasal dari Afrika Utara.

Badan Meteorologi Spanyol telah mengeluarkan status waspada terhadap cuaca ekstrim yang melanda Spanyol mulai Sabtu lalu.

Prakiraan suhu di Jerman mencapai 37 derajat celcius pada selasa dan 38 derajat celcius pada Rabu. Belgia dan Swiss juga akan mengalami hal yang sama. Badan Meteorologi Inggris mengkhawatirkan gelombang panas akan memicu badai dan cuaca yang tidak stabil.

Meteorologis asal Prancis Francois Gourand mengatakan gelombang panas kali ini bisa melampaui rekor suhu tertinggi sebelumnya. Prancis pernah mengalami gelombang panas pada 2003 lalu yang mengakibatkan 15.000 orang lansia meninggal dunia. Francois juga mengatakan peningkatan suhu ini akan berlangsung setidaknya 6 hari.

Gelombang panas ini menunjukkan dampak pemanasan global yang semakin parah. Meteorologis mengatakan kondisi cuaca seperti ini akan lebih sering terjadi karena dampak pemanasan global tersebut.