Sidang MK Reuni Alumni FH UGM: Berapa IPK Mereka?

Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman (tengah) mengetuk palu saat mengesahkan bukti pihak termohon pada sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (18/6 - 2019). (Antara/Hafidz Mubarak)
23 Juni 2019 03:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi ajang reuni alumni Fakultas Hukum (FH) UGM. Ada yang unik di sidang kelima sengketa Pilpres 2019, Jumat (21/6/2019) kemarin. Sidang yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjadi ajang reuni sejumlah alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) Yogyakarta.

Kehebohan terkait hal itu pun menggema sampai ke media sosial, terbukti dengan masuknya FH UGM ke daftar trending topics di Twitter.

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menjadi salah satu pengguna Twitter yang berkicau tentang reuni UGM di Sidang MK itu. Ia menyebutkan nama-nama rekan sekampusnya yang bertarung di persidangan, diikuti tahun angkatan masing-masing.

"Whatever the result, bangga dengan kawans UGM: Luthfi Yazid (87), Iwan Satriawan (90), Heru Widodo (90), Denny Indrayana (91), Eddy Hiariej (93). Saya sendiri 89," ungkap @ReflyHZ, Jumat.

Pengguna akun @parasyurama pun menambahkan, "4 dari 9 panitera penggantinya juga FH UGM, Prof. Tambah lagi di luar sidang ada Prof Uchenk dan Prof Refly sendiri."

Tak hanya itu, pengguna akun @munizu5 juga memberi komentar, Ketua MK Anwar Usman sempat "memprotes" karena namanya terlupakan saat anggota Majelis Hakim MK Saldi Isra menyebutkan beberapa alumni FH UGM di persidangan.

Selain itu, berbagai komentar kocak untuk para alumni FH UGM pun bertebaran di Twitter.

"Pelajaran dari sidang MK hari ini: Kalau mau belajar hukum, masuknya ke FH UGM," cuit @gibransesunan.

"Kepada Yang Mulia/Yang Terhormat Bu Enny Nurbaningsih (FH UGM 81), Pak Luthfi Yazid (87), Pak Iwan Satriawan (90), Pak Heru Widodo (90), Pak Denny Indrayana (91), Pak Eddy Hiariej (93), coba tolong sebutkan: 

- Berapa IPKnya?
- Di mana burjo favoritnya?

Rakyat ingin mendengar," guraunya lagi.

Warganet lain bahkan berkelakar, reuni para alumni FH UGM di Sidang MK merupakan sebuah konspirasi yang bertujuan untuk menyemangati mahasiswanya yang sedang ujian.

"Mungkin sidang MK ini adalah konspirasi dari FH UGM untuk memotivasi mahasiswanya yang sedang ujian :)))

FH UGM: "Semangat belajar kalian, biar bisa masuk tipi!"" tweet @luthfialfiansyh.

Sebelumnya diberitakan Suara.com, agenda sidang kelima perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) adalah mendengar keterangan saksi dan ahli yang dihadrikan tim hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin, serta pengesahan alat bukti pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Di tengah-tengah perdebatan antara ahli hukum pidana, Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy, dengan tim hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Hakim MK Arief Hidayat mengundang gelak tawa setelah mengatakan, "Jadi ini apa namanya, kontes para pakar hukum agar didengar oleh seluruh rakyat Indonesia, di mana para pakar hukum Indonesia berdebat di forum ini."

Hakim MK Saldi Isra lalu menimpali, "Kalau kita lihat perdebatan tadi ini kan sebetulnya ini kan kayak perdebatan panggung orang-orang UGM."

"Jadi ini pertarungan para alumni UGM. Saya khawatir di dalam ini saja mereka bertengkar, tapi di luar nanti akur-akur lagi," imbuhnya setelah menyebutkan nama-nama alumni FH UGM di sidang MK.

Sumber : Suara.com

Kolom 8 hours ago

Arisan