Jalan Aspal di India Meleleh Akibat Gelombang Panas

Kondisi jalan aspal di India meleleh akibat gelombang panas (Telegraph)
14 Juni 2019 21:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, NEW DELHI – Jalan beraspal di sejumlah kota di India meleleh akibat gelombang panan. Aspal di tol kawasan Agra, India, meleleh akibat suhu udara sekitar 45 derajat celsius. Warna jalan tersebut semakin hitam legam dan permukaannya berubah.

Cuaca panas menyebabkan permukaan jalan meleleh. Hal itu terjadi karena aspal berubah bentuk dari padat menjadi cair akibat suhu tinggi. Akibatnya, permukaan jalan menjadi lunak dan lengket. Gelombang panas melanda sejumlah wilayah di India. Suhu terpanas mencapai 51 derajat celsius terjadi sejak Mei 2019.

Dikutip dari New York Times, Jumat (14/6/2019), sebanyak 36 orang meninggal akibat gelombang panas yang terjadi di India. Gelombang panas di India telah meningkat secara intens selama 10 tahun terakhir akibat perubahan iklim.

Pada 2019 ini suhu ekstrem melanda sebagian besar wilayah India utara dan tengah, mencakup Rajasthan, Madhya Pradesh, Uttar Pradesh, dan Mahashtra.

“Tahun ini jumlah gelombang panas meningkat. Bukan hanya suhu di siang hari, di malam hari pun sangat tinggi,” kata pakar Otoritas Manajemen Bencana Nasional India, Anup Kumar Srivastava.