Anggaran Mudik Gratis DKI Jakarta Rp14 Miliar Dinilai Kemahalan

Pemprov DKI selenggarakan mudik gratis ke sejumlah kota. (mudikgratis.jakarta.go.id)
09 Juni 2019 20:30 WIB Muhamad Wildan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Pemprov DKI Jakarta mengklarifikasi informasi yang beredar terkait anggaran program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta. Sebelumnya, anggaran yang digunakan untung program mudik gratis tersebut dituding terlalu mahal karena memakan anggaran senilai Rp14 miliar.

Menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, anggaran sebesar Rp14 miliar tersebut tidak hanya digunakan untuk sewa bus yang mengangkut peserta mudik gratis. Selain bus, uang sebesar itu juga dipakai untuk sewa truk pengangkut motor dengan total 62 truk (36 truk arus mudik dan 26 truk arus balik), pajak, pengawasan, pelaksanaan, dan pengelolaan acara.

Dengan pengeluaran itu, jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk sewa bus adalah sebesar Rp11,4 miliar dengan jumlah bus sebanya 594 bus untuk keberangkatan serta arus balik. Jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk setiap busnya pun berbeda tergantung dengan asal dan tujuan dari bus yang disediakan.

Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan mudik gratis menuju 10 kota antara lain Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang.

Apabila dirata-rata, penggunaan anggaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta adalah sebesar Rp19,3 juta per bus dengan kapasitas masing-masing bus mencapai 54 orang. Rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mudik gratis per kepalanya mencapai Rp358.000.

Sumber : Bisnis/JIBI