Sejarah Hari Ini: 7 Juni 1999. Pemilu Pertama di Era Reformasi

Massa PDIP berkampanye di Pemilu 1999. (Wikimedia.org)
07 Juni 2019 00:00 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Indonesia melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) pertama pada era Reformasi, 7 Juni 1999, setelah runtuhnya era Orde Baru yang berkuasa selama 32 tahun. Dalam Pemilu itu, PDIP meraih suara terbanyak.

Digelarnya Pemilu 1999 itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 7 Juni dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 7 Juni:

1420
Pasukan Republik Venesia berhasil menduduki Kota Udine dan menguasai Patria del Friuli. Sebelum dikuasai Republik Venesia, Patria de Friuli adalah salah satu negara merdeka di tanah Italia.

1494
Perjanjian Tordesilllas ditandatangani di Tordesillas—sekarang Provinsi Valladolid di Spanyol—antara pihak Spanyol dan Portugal. Perjanjian tersebut membagi belahan Bumi bagian barat untuk Spanyol dan belahan Bumi bagian timur untuk Portugal. Dua negara tersebut tak boleh melanggar batas wilayah yang sudah ditentukan dalam perdagangan dan penjajahan.

1862
Amerika Serikat (AS) dan Inggris menandatangani Perjanjian Lyons-Seward di Washington D.C., AS. Dari perjanjian tersebut, AS dan Inggris bersepakat untuk membatasi perdagangan budak dan mulai menerapkan aturan untuk melindungi budak dari penindasan yang tak manusiawi.

RMS Lusitania. (Wikimedia.org)
1915
Kapal penumpang lintas-samudera milik Inggris, RMS Lusitania, tenggelam di perairan dekat Irlandia setelah ditembak menggunakan torpedo yang diluncurkan dari kapal selam milik Jerman. Peristiwa tragis pada masa Perang Dunia I itu menewaskan sekitar 1.200 orang.

1917
Pertempuran Messines antara pasukan Jerman dan Sekutu meletus di Flanders, Belgia. Pada hari pertama itu, pasukan Sekutu berhasil meledakkan sebuah tambang dan menewaskan sedikitnya 10.000 tentara Jerman.

1934
Mutiara terbesar di dunia ditemukan di Laut Palawan di Filipina. Mutiara tersebut memiliki berat lebih dari enam kilogram yang lantas diberi nama Pearl of Lao Tzu.

1941
Pasukan Angkatan Udara Jerman melancarkan serangan ke beberapa kawasan di Inggris. Kawasan yang dibombardir Jerman itu antara lain Region Barat Laut, Region Timur Laut, serta London. Serangan Jerman menggunakan pesawat pengebom itu dilakukan pada malam hari.

RMS Lusitania. (Wikimedia.org)
1942
Pertempuran Midway di Atol Midway, Samudera Pasifik antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Jepang berakhir. Pertempuran tersebut dimenangi AS yang berhasil mempertahankan Atol Midway dari upaya Jepang yang ingin merebutnya. Sebanyak 3.057 tentara Jepang tewas dalam pertempuran itu, sedangkan pihak AS hanya kehilangan 307 tentaranya.

1993
Pendirian Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sesuai Keputusan Presiden No. 50/1993 diresmikan. Komnas HAM adalah lembaga mandiri di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia.

1999
Indonesia melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) pertama pada era Reformasi setelah runtuhnya era Orde Baru yang berkuasa selama 32 tahun. Pemilu pertama pada era Reformasi itu diikuti 48 partai dan dimenangi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan raihan suara terbanyak.

Kolom 6 hours ago

Fisika di SMK