Sejarah Hari Ini: 5 Juni 1972, PBB Tetapkan Hari Lingkungan Hidup

Konferensi Stokholm tahun 1972. Pada Konferensi ini lahirlah Deklarasi Stockholm dan penetapan Hari Lingkungan Hidup. (UN/Yutaka/Nagata).jpg
05 Juni 2019 00:20 WIB Rahmat Wibisono Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5  Juni 1972 ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal itu adalah salah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-156—hari ke 157 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 5 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 5 Juni:

1864
Pertempuran Piedmont dalam Perang Saudara Amerika Serikat (AS) meletus di Desa Piedmont di Negara Bagian Virginia. Pasukan Union yang dimpimpin David Hunter menang atas pasukan Konfederasi pimpinan William E. Jones dalam pertempuran tersebut. Sedikitnya 1.000 tentara Konfederasi menjadi tahanan pihak Union. William E. Jones sebagai pemimpin pasukan Konfederasi bahkan tewas dalam pertempuran tersebut.

1940
Setelah berhasil menduduki Prancis, Jerman kembali memulai operasi militer untuk membersihkan sisa tentara Prancis yang masih bertahan hidup. Operasi militer itu disebut dengan Operasi Fall Rot atau Operasi Peti Merah yang berlangsung di selatan Sungai Somme, Prancis.

1942
Amerika Serikat (AS) mendeklarasikan perang terhadap Bulgaria, Hungaria, dam Rumania. Deklarasi itu dilontarkan AS setelah Bulgaria, Hungaria, dam Rumania bergabung dengan Blok Poros pada Perang Dunia II.

1944
Inggris mulai membombardir tembok pertahanan Jerman di kawasan pantai di Normandia yang disebut dengan Tembok Atlantik. Sekitar 5.000 ton bom dijatuhkan Inggris di kawasan tersebut. Sehari kemudian, Sekutu mengirim ribuan tentaranya untuk mengambil alih kawasan Normandia dari tangan Jerman.

1945
Setelah kekalahannya pada Perang Dunia II, Jerman dikontrol penuh oleh pihak Sekutu. Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Rusia mulai melakukan pembagian wilayah untuk dikuasai. Selain itu, luas wilayah kekuasaan Jerman juga dikurangi.

1967
Perang Enam Tahun antara Israel dan Mesir meletus untuk kali pertama. Mesir yang dibantu negara-negara Arab lainnya tak sanggup mengalahkan Israel. Akibatnya, Israel berhasil merebut Jalur Gaza dan Semenanjung Sinai dari Mesir, kawasan Tepi Barat dari Yordania, dan Dataran Tinggi Golan dari Suriah.

1972
Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia digelar di Stockholm, Swedia. Dari konferesi tersebut, Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sejak saat itu, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 5 Juni. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan hidup di Bumi.

1975
Terusan Suez di Mesir kembali dibuka setelah sempat ditutup selama delapan tahun karena konflik yang melibatkan Mesir dan Israel. Terusan Suez kembali dibuka setelah Mesir berhasil merebutnya kembali dari tangan Israel melalui jalur diplomasi.

1984
Perdana Menteri India, Indira Gandhi, memerintahkan pasukan Angkatan Darat India untuk membombardir Golden Tample di Punjab, India. Golden Tample adalah tempat yang dianggap suci bagi penganut Sikhisme di India. Akibat serangan tersebut, Golden Tample mengalami kerusakan parah.

2004
Presiden ke-40 Amerika Serikat (AS) Ronald Wilson Reagan meninggal dunia di rumahnya di Bel Air, Los Angeles, California, AS pada usia 93 tahun. Raegan meninggal setelah mengidap penyakit kanker paru-paru. Raegan pernah memimpin Negeri Paman Sam selama dua periode, dari 1981 hingga 1989. Sebelum berkecimpung di dunia politik, Reagan adalah seorang aktor kondang pemain sejumlah film-film bikinan Hollywood. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Kolom 5 hours ago

Fisika di SMK