Punya Perhitungan Sendiri, Sebagian Warga di Jatim Salat Id Hari Ini

Ilustrasi salat. (dok)
04 Juni 2019 15:45 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, SURABAYA - Pemerintah telah menetapkan Idul Fitri 1440 H jatuh pada Rabu (5/6/2019). Namun ada sebagian umat muslim di Indonesia yang melaksanakan Salat Id pada Selasa (4/6/2019) alias hari ini. Beberapa di antarnya terjadi di Jawa Timur.

Mayoritas, umat muslim yang melaksanakan Salat Id pada hari ini memiliki perhitungan tersendiri. Seperti yang dilakukan satu warga desa di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Jember.

Dikutip dari detik.com, mereka menentukan awal puasa dan lebaran ini berdasarkan kitab Nuzhatu Al Majaalis Wa Muntakhobu Al Nafaais, yang sudah turun temurun dipegang oleh Kiai dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mahfilud Duror di desa setempat.

"Kami melaksanakan 1 Syawal lebih dulu, yakni tanggal 4 Juni ini, tadi malam sudah takbiran. Jadi genap 30 hari, dasarnya Kitab Nuzhatu Al Majaalis Wa Muntakhobu Al Nafaais," kata Pengasuh Ponpes Mahfilud Duror, KH Ali Wafa, Selasa (4/6/2019).

Salat Id juga digelar di Gresik hari ini. Syaiful Bachri, salah satu warga Gresik yang ikut salat Id hari ini mengatakan bahwa lebaran hari ini didasarkan pada rukyat global. "Meski di Indonesia tak terlihat hilal, tapi di belahan bumi lain terlihat. Maka itulah yang menjadi acuan," ujar Syaiful.

Kebetulan, kata Syaiful, di Arab terlihat hilal sehingga Idul Fitri jatuh pada hari ini. "Sebagian besar negara di Timur Tengah juga berlebaran hari ini," kata Syaiful.

Sumber : detik.com