Ribet Packing Mudik Lebaran? Simak Tips Berikut!

Ilustrasi packing mudik. (Istimewa)
03 Juni 2019 00:00 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri 1440 H atau Lebaran 2019 ini tentu membutuhkan banyak persiapan. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah packing atau pengemasan barang bawaan.

Packing, bagi sebagian orang, menjadi kegiatan yang ribet dan menyebalkan. Membawa peralatan saat mudik sebenarnya enggak jauh beda dengan traveling pada umumnya. Namun, biasanya para pemudik selalu membawa barang tambahan untuk dibawa ke kampung halaman.

Agar packing barang bawaan mudik enggak ribet dan semakin praktis, simak beberapa tips dari Cozmeed berikut:

1. Gulung Bajumu, Bukan Dilipat!
Pakaian biasanya menjadi sesuatu yang memenuhi ruangan pada tas atau koper yang digunakan. Agar tas mampu memuat banyak, gulunglah pakaian sampai berbentuk lebih kecil dari biasanya, bukan cuma dilipat! Ingat! Hal ini cukup menghemat ruang dalam ransel sehingga mampu memuat lebih banyak barang.


2. Bawa Kantong Plastik
Manfaatkan Penggunaan kantong plastik untuk membawa berbagai macam pakaian yang akan digunakan. Kantong plastik disarankan agar pakaian tidak kusut. Kantong plastik juga berguna untuk menaruh pakaian kotor saat perjalanan mudik.

3. Manfaatkan Sedotan dan Tempat Lensa Kontak
Banyak benda-benda yang bisa dimanfaatkan untuk membawa aksesoris kecil yang rawan terselip atau hilang. Sedikit hair gel atau krim tubuh bisa dimasukan ke wadah lensa kontak.
Perhiasan untuk dipakai saat Lebaran seperti kalung bisa dimasukan ke dalam sedotan. Sementara anting atau cincin bisa dimasukan ke wadah bekas obat atau vitamin.

4. Simpan Ikat Rambut di Karabiner
Punya karabiner untuk mengaitkan tali atau tumbler minuman? Pemudik bisa memanfaatkan barang tersebut untuk menaruh karet atau ikat rambut.
Bagi para wanita, ikat rambut biasanya menjadi hal yang sangat penting saat bepergian dalam jangka waktu yang lama. Sebagai barang kecil yang rentan hilang, sebaiknya gunakanlah karabiner untuk menyimpan ikat rambut atau perintilan yang bisa dikaitkan.

5. Masukkan Charger ke Dalam Sepatu yang Dibalut Shower Cap
Pemudik bisa menggunakan tiga jenis barang untuk penggunaan yang beraneka ragam. Simpanlah sepatu dalam shower cap! Hal itu dapat menghemat tempat dibandingkan plastik dan terlihat lebih rapi. Di dalam sela-sela sepatu, simpanlah kaos kaki dan charger ponsel agar lebih mudah dan tidak memakan tempat!

6. Bawa Tas Kecil
Untuk berbagai perlengkapan pribadi, bawalah tas kecil seperti waistbag dan travelpouch agar lebih praktis. Hal itu untuk menghindari hilangnya berbagai barang tambahan.
Selain itu, tas kecil juga mempermudah pemudik mengatur barang-barang yang akan di bawa. Tas besar pun tidak perlu terbongkar berantakan untuk mencari barang yang dibutuhkan.

7. Lapisi Tas atau Carrier dengan Rain Cover
Agar aman dari kotoran, debu, dan air hujan, barang bawaan yang ada dalam tas atau carrier lebih sebaiknya dilapisi dengan rain cover.

Demikian tips packing mudik lebaran dari Cozmeed. Nah, apakah Anda sudah siap untuk mudik? Jangan lupa jaga barang-barang berharga dan lebih waspada ya! Jangan lupa juga untuk berdoa! Selamat mudik Lebaran 2019 Idulfitri 1440 Hijriah!

Kolom 6 hours ago

Fisika di SMK