Unggah Foto Ani Yudhoyono, Annisa Pohan Tulis Caption Mengharukan

Ani Yudhoyono dan menantunya Annisa Pohan di National University Hospital Singapore - Instagram@aniyudhoyono
02 Juni 2019 15:10 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Kesedihan Annisa Pohan atas kepergian mertua perempuannya, Ani Yudhoyono tak kuasa dibendung oleh ibu satu anak tersebut.

Annisa Pohan, istri dari Agus Harimurti Yudhoyono, putra pertama Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono menggunggah video kebersamaannya dengan Ani pada Sabtu (15/5/2019) saat sang mertua saat sedang olah raga mengayuh alat semacam kayuhan sepeda untuk melancarkan aliran darah.

Dalam video tersebut tampak Ani Yudhoyono dengan sabar menjelaskan ke Annisa terkait latihan yang sedang dilakukannya. Mendiang Ani mengatakan latihan itu dia lakukan agar aliran darahnya lancar, ototnya menjadi kuat dan bengkak di kakinya mengempes sehingga dapat berjalan-jalan pada keesokan harinya.

"15 Mei 2019. Disini Memo dalam kondisi yang paling baik dari 4 bulan di Rumah sakit, karena hasil darahnya cukup bagus untuk keesokan harinya diperbolehkan keluar kamar sebentar untuk menghirup udara segar. walaupun malam-malam Memo semangat exercise sehingga dapat semakin kuat untuk jalan.  terlihat mukanya sangat bahagia karena tidak sabar menyambut besok," tulis Annisa pada akun instagram resminya @annisayudhoyono, Sabtu malam (1/6/2019).

Pada akhir video tersebut juga terlihat Susilo Bambang Yudhoyono kembali ke kamar inap istrinya dengan membawa kopi latte yang dibelinya dari luar. SBY sempat mengatakan kepada sang istri dia sangat ingin minum kopi latte tersebut karena sudah beberapa bulan tak meminumnya.

Annisa tidak menyangka, kondisi ibu mertuanya yang tampak sehat dalam video tersebur akan drop kembali beberapa hari kemudian.

Dia bahkan menyatakan penyesalannya karena belum maksimal dalam hal berbakti kepada Ani Yudhoyono.

"ya Allah maafkan hamba kalau selama menjadi menantu Memo perilaku dan perkataan saya menyakiti hati Memo. Memo maafkan Annisa, Annisa merasa belum maksimal dalam merawat Memo, seharusnya Annisa bisa lebih baik lagi," lanjutnya.

Unggahan Annisa ini juga dibanjiri komentar 8.829 warganet yang juga turut berbela sungkawa atas kehilangan Annisa dan keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono.

"Turut berdukacita yang sedalamnya untuk Memo, semoga dilapangkan jalan ke surgaNya dan keluarga khususnya pepo SBY iklas dan tabah. Amin YRA," tulis akun @mydee09

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu setempat sejak dirawat secara intensif pada Februari 2019 untuk melawan kanker darah yang dideritanya.

Sebelum wafat, dia sempat tidak sadarkan diri. Jenazah Ani Yudhoyono sudah sampai di rumah duka Puri Cikeas semalam. Sore ini (2/6) rencananya Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Selain meninggalkan suaminya Susilo Bambang Yudhoyono, kedua anaknya--Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono--serta kedua menantunya--Annisa Pohan dan Aliya Rajasa--Ani juga meninggalkan empat cucunya, yakni Almira Tunggadewi Yudhoyono, Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono.