Sejarah Hari Ini: 1 Juni 1945, Pancasila Dicetuskan

Persidangan resmi BPUPKI pertama, 29 Mei 1945/1 Juni 1945. (Wikimedia.org)
01 Juni 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Kata Pancasila untuk kali pertama diutarakan Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), 1 Juni 1945. Hari penyampaian Pancasila oleh Soekarno itu lantas diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Dicetuskannya Pancasila itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 1 Juni dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 1 Juni:

193
Kaisar Romawi Didius Julianus dibunuh di Istananya oleh Septimius Severus yang kemudian merbut takhta kaisar Romawi. Sebelumnya, Didius Julianus juga merebut takhta kaisar Romawi dengan cara membeli dari Penjaga Pretoria yang telah membunuh kaisar sebelumnya, Pertinax.

1913
Perjanjian Aliansi Yunani-Serbia ditandatangani di Thessaloniki, Yunani. Perjanjian tersebut adalah langkah awal negara-negara yang beraliansi untuk memulai Perang Balkan II untuk melawan Kerajaan Bulgaria.

1918
Pertempuran antara pasukan Sekutu di bawah pimpinan John J. Pershing serta James Harbord dan pasukan Kekaisaran Jerman yang dipimpin Pangeran Jerman, Wilhelm, meletus di Hutan Belleau, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama 26 hari. Pihak sekutu berhasil menjadi pemenang dalam pertempuran yang disebut dengan istilah Pertempuran Belleau Wood itu.

Sosok Super pada 1938. (Writeups.org)
1938
Tokoh superhero Superman untuk kali pertama tampil dalam komik produksi DC Comic. Komik pertama yang menampilkan tokoh Superman itu dijual dengan harga 10 sen US$. Superman adalah tokoh superhero yang diciptakan seniman asal Kanada, Joe Shuster.

1941
Pasukan Jerman berhasil merebut Pulau Kreta dari tangan Yunani. Hal itu sekaligus mengakhiri Pertempuran Pulau Kreta antara Jerman dan Yunani.

1942
Kabar tentang pembantaian terhadap orang Yahudi yang dilakukan Jerman atau yang disebut Holocaust untuk kali pertama tersebar dalam surat kabar. Kabar tersebut menyebar di Kota Warsawa, Polandia lewat surat kabar Brigade Liberty.

1945
Kata Pancasila untuk kali pertama dikemukakan Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Hari penyampaian Pancasila oleh Soekarno itu lantas diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Pada 2016 lalu, Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Lahirnya Pancasila sebagai hari libur nasional.

Pamela Denise Anderson. (Metro.co.uk)
1967
Pamela Denise Anderson lahir di Ladysmith, British Columbia, Kanada. Ia lantas dikenal luas di dunia sebagai aktris dan model. Pamela Anderson juga dikenal sebagai aktris yang kerap memamerkan kemolekan tubuhnya.

1988
Javier Hernandez Balcazar lahir di Guadalajara, Meksiko. Ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Manchester United, selama lima tahun, dari 2010 hingga 2015. Javier Hernandez lebih dikenal dengan nama Chicharito sebagai julukannya. Kini, pria yang genap berusia 30 tahun tersebut membela West Ham United sejak 2017 lalu.

1991
Presiden Amerika Serikat (AS) George H.W. Bush dan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian untuk menghentkan produksi senjata kimia. Selain itu, senjata kimia yang sudah diproduksi kedua negara tersebut juga wajib dimusnahkan. Bertemunya dua pemimpin negara tersebut sekaligus menjadi tanda berakhirnya Perang Dingin yang berlangsung sejak 1947.