Lebaran 2019, 3 Bukaan Median Jalan Jogja-Solo Ditutup Barikade

Barikade dipasang di bukaan median jalan Solo-Jogja, tepatnya simpang empat Bedogantungan, Desa Sumberejo, Klaten Selatan, Kamis (30/5 - 2019). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
30 Mei 2019 21:30 WIB Taufik Sidik Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, KLATEN -- Jajaran Satlantas Polres Klaten memasang barikade di tiga bukaan median jalan sepanjang jalan Jogja-Solo. Barikade dipasang untuk menghindari penumpukan kendaraan di persimpangan yang berdekatan pada puncak arus mudik Lebaran 2019.

Tiga lokasi yang dipasangi barikade yakni bukaan median jalan di simpang empat Bendogantungan, Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan; bukaan median jalan di simpang empat Pasar Delanggu; dan bukaan median jalan di simpang empat Prambanan. Pemasangan barikade diawali di simpang empat Bendogantungan, Kamis (30/5/2019).

Barikade dipasang di sepanjang bukaan median jalan. Barikade itu membuat kendaraan dari arah Wedi menuju ke wilayah Nglinggi atau sebaliknya tak bisa langsung melintasi persimpangan selama arus mudik Lebaran 2019.

Kapolres Klaten, AKBP Aries Andhi, melalui Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mengatakan barikade dipasang di salah satu persimpangan yang saling berdekatan. Situasi itu di antaranya di simpang empat Bendogantungan dekat simpang empat Tegalyoso, serta depan Kantor DPD Golkar yang jaraknya tak lebih dari 1 km.

Ketiga persimpangan tersebut dilengkapi traffic light. “Jarak traffic light di Bendogantungan dengan traffic light lainnya terlalu dekat sehingga dikhawatirkan terjadi penumpukan kendaraan saat arus mudik Lebaran,” kata dia kepada wartawan di simpang empat Bedogantungan, Kamis.

Selain memasang barikade di tiga bukaan median jalan, tim urai Polres Klaten memasang barikade di sepanjang tepi Jl. Veteran, depan Monumen Juang ‘45 Klaten. Kawasan Monumen Juang ’45 Klaten dan GOR Gelarsena yang bersebelahan menjadi pusat keramaian baru di Klaten dengan kehadiran Pasar Malam yang muncul memasuki 10 hari terakhir Ramadan.

“Kami melakukan rekayasa di depan Monumen Juang 45 Klaten guna antisipasi kendaraan yang parkir di sisi kiri jalan agar tidak menghambat arus lalu lintas,” jelas dia.

Disinggung arus lalu lintas memasuki musim mudik Lebaran 2019, Kasatlantas mengatakan mulai ada peningkatan volume kendaraan. Melonjaknya volume kendaraan diperkirakan terjadi akhir pekan ini. “Puncak arus mudik kami perkirakan mulai terjadi pada Sabtu-Minggu [1-2/6/2019],” ungkapnya.

Kolom 6 hours ago

Fisika di SMK