Jateng
Selasa, 16 April 2024 - 22:19 WIB

Siap-siap! Karnaval Gunungan Megono di Pekalongan Digelar Rabu Besok

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tradisi Gunungan Megono dan sedekah hasil bumi yang menjadi tradisi Syawalan di Kabupaten Pekalongan, Jateng. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, PEKALONGAN — Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), siap menggelar karnaval Gunungan Megono, Rabu (17/4/2024). Tradisi di Pekalongan untuk memeriahkan Syawalan 1445 Hijriah itu akan digelar di objek wisata Linggo Asri.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro, mengatakan acara karnaval itu akan ditandai dengan arak-arakan hasil bumi dan gunungan megono, yang merupakan makanan atau kuliner khas daerah Pekalongan dari 19 kecamatan.

Advertisement

“Tradisi Syawalan merupakan kebiasaan masyarakat Muslim yang dilakukan sepekan setelah Lebaran. Kami akan selenggarakan tradisi tahunan pada Rabu [17/4/2024],” katanya.

Menurut dia, total ada 20 gunungan hasil bumi dari 19 kecamatan dan satu gunungan megono yang akan dikirab, serta juga disediakan nasi megono bagi para pengunjung yang hadir pada acara itu. Namun, kata dia, bisa dimungkinkan jumlah gunungan bertambah dari partisipasi para warga.

Acara kirab karnaval Gunungan Megono dan hasil bumi akan dimulai pukul 09.00 WIB menuju objek wisata Linggo Asri.

Advertisement

Adapun pada tahun ini, tradisi Syawalan akan dilaksanakan dengan konsep kolaboratif dengan masyarakat Linggo Asri sebagai tuan rumah dan akan menampilkan kesenian khas desa tersebut. “Nanti juga akan ada beberapa grup kesenian dari masyarakat yang akan ikut memeriahkan acara Gunungan Megono dan hasil bumi itu,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif