Iran Klaim Senjata Rahasianya Bisa Tenggelamkan Kapal Perang AS

Petugas keamanan berdiri di depan pembangkit listrik tenaga nuklir di Bushehr, sekitar 1.200 kilometer (km) selatan Teheran, Iran, Sabtu (21/8/2010). - Reuters/Raheb Homavandi
26 Mei 2019 10:45 WIB Denis Riantiza Meilanova Internasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Iran mengklaim dapat menenggelamkan kapal perang Amerika Serikat yang dikirim ke wilayah Teluk menggunakan rudal dan senjata rahasia.

"Amerika mengirim dua kapal perang ke wilayah itu. Jika mereka melakukan kebodohan sekecil apapun, kami akan mengirim kapal-kapal ini ke dasar laut bersama awak dan pesawat mereka menggunakan dua rudal atau dua senjata rahasia baru," ujar Jenderal Morteza Qorbani, penasihat komando militer Iran, kepada Kantor Berita Mizan yang dikutip dari Reuters, Sabtu (25/5/2019).

Amerika Serikat pada Jumat (24/5/2019) mengumumkan pengerahan 1.500 tentara ke Timur Tengah. Langkah itu sebagai upaya untuk meningkatkan pertahanan terhadap ancaman Iran.

Sebanyak 1.500 tentara yang dikerahkan tersebut di antaranya termasuk personel yang mengelola sistem pertahanan rudal, pengawas udara untuk mendeteksi ancaman dan insinyur untuk membentengi pertahanan, serta skuadron jet tempur.

“Kami ingin memiliki perlindungan di Timur Tengah. Kami akan mengirimkan sejumlah kecil pasukan,"kata Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih sebelum berangkat kunjungan ke Jepang.

Sementara itu, pakar Barat menyebutkan Iran sering melebih-lebihkan kemampuan senjatanya, meskipun ada kekhawatiran tentang program misilnya dan khususnya rudal balistik jangka panjangnya.