Sejarah Hari Ini: 26 Mei 1971, Pembantaian Hindu di Pakistan

Sisa tulang korban pembantaian di Burunga, Sylhet, Pakistan, 26 Mei 1971. (Wikimedia.org)
26 Mei 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Tentara Pakistan membantai orang-orang Hindu di Burunga, Sylhet, Pakistan, 26 Mei 1971. Peristiwa itu menewaskan menewaskan sekitar 71 sampai 94 orang.

Pembantaian orang Hindu di Pakistan itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 26 Mei dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 26 Mei:

451
Pertempuran antara pasukan pemberontak Armenia yang dipimpin Santo Vartan dan pasukan Kekaisaran Sassaniyah meletus di Avarayr, Armenia. Pasukan Kekaisaran Sassaniyah kemudian berhasil memenangi pertempuran tersebut sekaligus menguasai wilayah Armenia. Setelah meraih kemenangan, pihak Kekaisaran Sassaniyah menjamin kebebasan beragama bagi warga Armenia.

1865
Di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS), pasukan Konfederasi pimpinan Jenderal Edmund Kirby Smith yang menguasai kawasan Galveston, Texas menyerah kepada pasukan Union. Menyerahnya pasukan Konfederasi itu semakin memperkuat dominasi Union di Texas selama berlangsungnya Perang Saudara AS.

1889
Untuk kali pertama, Menara Eiffel di Paris, Prancis dapat dinaiki pengunjung. Pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Paris dari ketinggian setelah lift di menara tersebut selesai dipasang.

1896
Nicholas II dinobatkan sebagai tsar atau kaisar di Rusia setelah ayahnya, Tsar Alexander III, meninggal dunia dua tahun sebelumnya. Nicholas II merupakan tsar terakhir sebelum runtuhnya Kekaisaran Rusia pada 1917.

Suasana Pertempuran Dunkrik di Dunkrik, Prancis. (Wikimedia.org)
1940
Pertempuran Dunkrik di Dunkrik, Prancis antara pasukan Sekutu dan pasukan Jerman dimulai. Pertempuran tersebut berlangsung kurang lebih 11 hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Wilayah Dunkrik menjadi kekuasaan Jerman setelah pertempuran tersebut berakhir.

1940
Pasukan Sekutu gagal mempertahankan Kota Calais di Prancis dari serangan pasukan Jerman. Sebelumnya, pasukan Jerman telah mengepung kota tersebut selama kurang lebih empat hari.

1971
Tentara Pakistan membantai orang-orang Hindu di Burunga, Sylhet, Pakistan. Salah satu tragedi di masa Perang Kemerdekaan Bangladesh itu menewaskan sekitar 71 sampai 94 orang.

1972
Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet menandatangani Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik di Moskow, Rusia. Traktat tersebut mengatur pembatasan sistem peluru kendali anti-balistik yang digunakan AS maupun Uni Soviet untuk mempertahankan wilayah mereka terhadap senjata nuklir yang dibawa misil. Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik berlaku selama tiga puluh tahun sejak ditandatangani.

1972
Dhani Ahmad Prasetyo dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur sebagai putra dari pasangan Eddy Abdul Manaf dan Joyce Theresia Pamela Kohler. Namanya kemudian dikenal sebagai salah satu pendiri grup musik Dewa 19 yang merupakan salah satu grup paling sukses sepanjang 1990-an hingga 2000-an. Majalah Rolling Stone menobatkan Dhani sebagai salah satu dari daftar 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.

Lisa Marie Presley. (Pagesix.com)
1994
Penyanyi pop asal Amerika Serikat (AS), Michael Jackson, menikahi putri Elvis Presley, Lisa Marie Presley. Upacara pernikahan pasangan tersebut dilangsungkan di Republik Dominika. Pernikahan raja musik pop dengan putri dari penyanyi rock n roll legendaris tersebut hanya bertahan selama dua tahun setelah akhirnya bercerai pada 1996.

Kolom 12 hours ago

Menjaga Muruah KPK