Sejarah Hari Ini: 24 Mei 2000, Israel Mundur dari Lebanon

Tentara Israel saat menginvasio Lebanon pada 1978. (Wikimedia.org)
24 Mei 2019 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Israel menarik tentaranya yang menduduki kawasan Lebanon bagian selatan, 24 Mei 2000. Sebelumnya, tentara Israel telah menduduki Lebanon bagian selatan selama 22 tahun.

Mundurnya Israel dari Lebanon itu merupakan salah satu dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 24 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 24 Mei:

1832
Kerajaan Yunani resmi dibentuk oleh Kerajaan Inggris Raya, Kekaisaran Perancis, dan Kekaisaran Rusia dalam Konvensi London. Kerajaan Yunani didirkan menyusul runtuhnya Kekaisaran Bizantium.

Telegraf elektrik. (Sutori.com)
1844
Telegraf elektrik untuk kali pertama digunakan. Samuel F.B. Morse sebagai penemu telegraf adalah orang yang kali pertama menggunakannya dengan mengirim telegram dari Maryland ke Washington D.C, Amerika Serikat (AS).

1915
Setelah resmi bergabung dengan sekutu, Italia mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria. Padahal sebelumnya, Italia dan Austria-Hungaria adalah negara yang bersekutu dalam Aliansi Tiga bersama Jerman.

1940
Seorang agen rahasia asal Uni Soviet, Iosif Grigulevich, mencoba membunuh revolusioner Rusia, Leon Trotsky, yang diasingkan di Coyoacan, Meksiko. Upaya pembunuhan terhadap pria yang pernah memangku jabatan penting di Uni Soviet tersebut gagal. Banyak pihak menduga upaya pembunuhan itu didalangi pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin.

1941
Robert Allen Zimmerman lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan penyair dengan nama panggung Bob Dylan. Bob Dylan bisa disebut sebagai musisi besar di AS. Majalah Rolling Stone menempatkan dirinya di urutan kedua dalam daftar musisi paling hebat sepanjang masa.

Kapal perang Jerman, Bismarck. (Wikimedia.org)
1941
Kapal perang Jerman, Bismarck, menyerang sekaligus menenggelamkan kapal perang milik Inggris, HMS Hood. Peristiwa itu terjadi pada Pertempuran Selat Denmark dalam Perang Dunia II. Lebih dari 1.400 jiwa melayang dalam peristiwa itu.

1948
Dalam Perang Arab-Israel, pasukan Mesir berhasil menduduki kawasan Yad Mordechai, Israel. Namun keberhasilan pasukan Mesir itu hanya bertahan selama lima hari sebelum pasukan Israel berhasil merebut kembali kawasan tersebut.

1982
Di masa Perang Irak-Iran, pasukan Iran berhasil merebut kembali Khorramshahr yang diduduki pasukan Irak. Sebelumnya, pasukan Irak telah menduduki kota tersebut sejak 10 November 1980.

2000
Israel menarik tentaranya yang menduduki kawasan Lebanon bagian selatan. Sebelumnya, tentara Israel telah menduduki Lebanon bagian selatan selama 22 tahun.

2002
Amerika Serikat (AS) dan Rusia menandatangani perjanjian di Moskow, Rusia. Salah satu poin penting dari perjanjian itu adalah pengurangan produksi atapun penggunaan nuklir. Perjanjian tersebut berlaku sampai dengan 31 Desember 2012.