Sejarah Hari Ini: 22 Mei 1990, Yaman Bersatu Setelah Pecah 150 Tahun

Bendera Yaman. (Reuters)
22 Mei 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Yaman yang sebelumnya terpecah menjadi Yaman Utara dan Yaman Selatan kembali bersatu, 22 Mei 1990. Sebelumnya, Yaman terpecah selama 150 tahun.

Bersatunya kembali Yaman itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 22 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 22 Mei:

334
Tentara Kerajaan Makdeonia pimpinan Alexander mengalahkan pasukan Kerajaan Persia yang dipimpin Darius III. Dari kemenangan itu, Kerajaan Makedonia berhasil mencaplok sejumlah kawasan yang sebelumnya menjadi milik Kerajaan Persia.

853
Pasukan Kekaisaran Bizantium membombardir Kota Damietta di Mesir dalam upayanya menduduki kawasan Mesir. Damietta sama sekali tak dijaga oleh kekuatan militer saat dibombardir pasukan Kekaisaran Bizantium.

1629
Kaisar Romawi Ferdinand II dan Raja Denmark Christian IV menandatangani Traktat Lubeck di Lubeck, Jerman. Dari traktat tersebut, Kerajaan Denmark sudah tak boleh lagi terlibat dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

Penandatanganan Pakta Baja di Berlin, Jerman. (Wikimedia.org)
1939
Pakta Baja atau yang lebih dikenal dengan nama Pakta Persahabatan dan Aliansi ditandatangani Jerman dan Italia di Berlin, Jerman. Pakta tersebut berisi kerja sama dalam bidang dan kemiliteran antara pihak Jerman dan Italia yang sekaligus menjadi awal terbentuknya Blok Sentral.

1941
Inggris berhasil menduduki Kota Fallujah di Irak selama Perang Inggris-Irak. Peristiwa itu menjadi awal kemenangan Inggris atas Irak yang dilindungi Jerman dan Italia.

1942
Meksiko mendeklarasikan diri untuk terlibat dalam Perang Dunia II dan bergabung dengan Sekutu. Keterlibatan Meksiko itu dipicu penyerangan Jerman terhadap kapal tanker milik Meksiko yang hendak mengirim minyak ke Amerika Serikat (AS).

Penandatanganan Pakta Baja di Berlin, Jerman. (Wikimedia.org)
1945
Seiring dengan meredanya Perang Dunia II, Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris yang ia jabat sejak 1940. Enam tahun berselang, Churcill kembali menjabat sebagai perdana menteri hingga akhirnya mengundurkan diri lagi pada 1955 karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

1987
Pasukan bersenjata Negara Bagian Uttar Pradesh, India membantai pemuda muslim di dekat Meerut, Uttar Pradesh. Tragedi yang terjadi di tengah konflik Hindu-Islam itu menewaskan 42 pemuda muslim.

1990
Yaman kembali bersatu setelah terpecah menjadi Republik Arab Yaman atau Yaman Utara dan Republik Demokratik Rakyat Yaman atau Yaman Selatan selama 150 tahun. Sebelum penggabungan itu, Yaman Selatan menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang menganut paham komunis.

2011
Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris ke-19, sekaligus untuk kali pertama melampaui rival abadi mereka, Liverpool, yang telah meraih 18 gelar juara. Raihan tersebut menjadikan klub berjuluk Setan Merah itu menjadi pemegang jumlah gelar juara Liga Inggris terbanyak. Hingga kini, Manchester United masih memegang gelar tersebut dengan raihan 20 gelar.