Sejarah Hari Ini: 15 Mei 1948, Arab Serang Israel

Pasukan Israel semasa Perang Arab/Irael. (Wikimedia.org)
15 Mei 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak, dan Arab Saudi mulai menyerang Israel, 15 Mei 1948. Penyerangan itu mereka lancarkan sehari setelah Israel mendeklarasikan kemerdekaannya karena negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab memang menolak pendirian negara Israel.

Penyerangan negara-negara Arab ke Israel itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 15 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 15 Mei:

908
Putra Kaisar Romawi Leo VI yang masih berusia tiga tahun, Konstantinus VII, dinobatkan sebagai Kaisar Bizantium. Konstantinus VII lantas memimpin Kekaisaran Bizantium hingga akhir hayatnya pada 959.

1911
Lebih dari 300 imigran Tiongkok di Kota Torreon, Meksiko dibantai pasukan revolusi pimpinan Emilio Madero yang telah menguasasi kota tersebut. Tragedi itu kemudian dikenang dengan sebutan Pembantaian Torreon.

1919
Orang-orang Turki melakukan unjuk rasa besar-besaran memprotes pendudukan Izmir yang dilakukan pasukan Yunani. Protes itu dilancarkan setelah pasukan Yunani membunuh 350 orang Turki tak bersenjata.

Muhammad Jusuf Kalla. (Solopos/Dok.)
1942
Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia. Kini, ia dikenal luas sebagai wakil presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia. Jusuf Kalla menjadi wakil presiden pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dari 2004 hingga 2009 dan masa pemerintahan Joko Widodo untuk periode 2014-2019.

1945
Pasukan Blok Poros yang berada di Prevalje, Yugoslavia menyerah kepada Sekutu. Blok Poros menyerah setelah bertempur melawan Sekutu selama dua hari di wilayah Prevalje, Yugoslavia.

1948
Pasukan Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak, dan Arab Saudi mulai menyerang Israel. Penyerangan itu mereka lancarkan sehari setelah Israel mendeklarasikan kemerdekaannya karena negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab memang menolak pendirian negara Israel. Serangan itu memicu Perang Arab-Israel hingga 10 Maret 1949 dan berakhir dengan kemenangan Israel.

1972
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengembalikan Kepulauan Okinawa yang dikuasai sejak 1945 kepada Jepang. Semasa dikuasai AS, Kepulauan Okinawa dijadikan sebagai pangkalan pesawat tempur.

1957
Untuk kali pertama, Inggris menguji coba bom hidrogen di Pulau Christmas di Samudera Hindia, sebelah selatan Indonesia. Pengujian bom hidrogen tersebut dipicu negara-negara lain yang berlomba memperbanyak senjata selama Perang Dingin.

1982
Pasukan Inggris untuk kali pertama melakukan serangan darat pada perebutan Kepulauan Falkland dengan pasukan Argentina. Sebelumnya, pasukan Inggris hanya melakukan serangan menggunakan kapal tempur. Pada serangan darat pertama itu, pasukan Inggris berhasil menghancurkan 11 pesawat tempur dan sebuah gudang senjata milik Argentina.

Frank Sinatra. (Variety.com)
1998
Francis Albert Sinatra atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Frank Sinatra meninggal dunia pada usia 82 tahun di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Semasa hidupnya, Frank dikenal sebagai musisi yang memiliki pengaruh besar di musik jaz, pop, dan swing.