Sejarah Hari Ini: 11 Mei 1846, AS Perangi Meksiko

Lukisan yang menggambarkan salah satu pertempuran di masa Perang AS/Meksiko. (Wikimedia.org)
11 Mei 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Presiden Amerika Serikat (AS) James K. Polk mendeklarasikan perang terhadap Meksiko, 11 Mei 1846. Polk juga meminta pihak militer untuk segera melakukan serangan ke Meksiko.

Deklarasi perang Amerika Serikat (AS) kepada Meksiko itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 11 Mei dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 11 Mei:

330
Kaisar Romawi Konstantinus I mengubah nama Kota Bizantium menjadi Nova Roma atau Romawi Baru. Namun kota tersebut lantas lebih di kenal dengan nama Konstantinopel yang kini menjadi Kota Instanbul di Turki. Setelah wafatnya Konstantinus I, kota tersebut lantas menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi Timur yang juga disebut Kekaisaran Bizantium.

1846
Presiden Amerika Serikat (AS) James K. Polk mendeklarasikan perang terhadap Meksiko dan meminta pihak militer untuk segera melakukan serangan. Hal itu memicu Perang AS-Meksiko yang berlangsung kurang lebih dua tahun dengan hasil kemenangan pihak AS. Wilayah Texas yang sebelumnya adalah milik Meksiko berhasil dicaplok pihak AS.

1857
Pemberontakan tentara India terhadap pemerintah kolonial Inggris untuk kali pertama terjadi. Peristiwa itu memicu sejumlah pemberontakan lainnya di negara tersebut hingga kemerdekaan diraih. Pada pemberontakan pertama itu, pasukan pemberontak berhasil menduduki Kota Delhi dan mengusir pihak Inggris.

Polisi Jepang Tsuda Sanzo yang berusaha membunuh Tsar Nicholas Alexandrovich. (Wikimedia.org)
1891
Polisi Jepang Tsuda Sanzo gagal membunuh Tsar Nicholas Alexandrovich dari Rusia saat berkunjung ke Jepang. Nicholas yang mengalami luka di kepala karena sabetan pedang berhasil diselamatkan oleh Pangeran George dari Yunani. Peristiwa itu lantas dikenang dengan nama Insiden Otsu.

1914
Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia lantas dikenal sebagai komponis besar yang dimiliki indonesia. Di antara banyak karya yang dilahirkan, lagu Halo-Halo Bandung menjadi karya yang hingga kini melekat di benak semua kalangan masyarakat di Indonesia.

1942
Serangan besar-besaran Jerman di Krimea Timur, membuat pihak sekutu merasa geram. Beredarnya kabar bahwa Jerman akan menggunakan gas beracun dalam serangan itu membuat Inggris mengeluarkan ancaman akan membalasnya dengan gas beracun yang lebih mematikan.

1943
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menyerang Pulau Attu di Kepualauan Aleut dekat Alaska demi mengusir pasukan Jepang yang menduduki kawasan tersebut. Pertempuran itu berhasil dimenagi pihak AS. Kini, Kepulauan Aleut menjadi mlik AS dan menjadi kawasan di Negara Bagian Alaska.

1981
Seorang musisi reggae asal Jamaika, Bob Marley, meninggal dunia di Miami, Florida, Amerika Serikat (AS) pada usia 36 tahun. Bob Marley dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang yang paling berpengaruh. Dia juga memiliki peran penting dalam memopulerkan dan menyebarkan paham Rasta ke seluruh dunia.

Vassiriki Abou Diaby. (Arsenal.com)
1986
Vassiriki Abou Diaby lahir di Paris, Prancis. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub raksasa asal Inggris, Arsenal, sejak 2006 hingga 2015 dan sudah bermain 125 kali untuk klub berjuluk Meriam London itu. Diaby pensiun pada 2017 silam.

1998
Militer India untuk kali pertama melakukan uji coba senjata nuklir. Peristiwa itu memancing ketegangan dengan negara tetangganya, Pakistan, yang lebih dulu memiliki senjata nuklir.