Pemerintah Janji Harga Bawang Putih Segera Stabil, Berapa Harga Terkini?

Ilustrasi bawang putih. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
10 Mei 2019 05:40 WIB Antara Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjanjikan harga bawang putih stabil dua hari lagi. Saat ini harga rata-rata bawang putih secara Nasional masih tinggi yakni mencapai Rp61.500 per kilogram.

Hal itu dicapai dengan menyiapkan pasokan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di tingkat pusat dan daerah. "Dalam satu dua hari ke depan ini harga bawang putih di seluruh tempat di Indonesia secara berangsur bisa kembali stabil," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward, dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Hal tersebut diungkapkan Dody seusai memantau harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dody menyakini harga bawang putih yang sempat menyentuh Rp80.000 per kilogram (kg) bisa kembali stabil pada kisaran Rp30.000 per kg karena penambahan pasokan.

Dia menyebut salah satu penyebab harga bawang putih sempat melonjak tinggi adalah pasokan tidak diperoleh langsung dari sumber utama. "Sudah ada beberapa importir bawang putih yang memasukkan barang sehingga saya kira harganya bisa segera stabil kembali karena pasokannya sudah tersedia," ujar dia.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih saat ini berada di kisaran Rp61.500 per kg. Harga bawang putih termurah di Kepulauan Riau seharga Rp29.300 per kg dan harga termahal di Kalimantan Timur senilai Rp93.700 per kg.

Harga bawang putih di DKI Jakarta menempati urutan kedua termahal dengan kisaran harga Rp85.850 per kilogram. Di Solo, harga bawang putih kating berdasarkan data Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (Sihati) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah mencapai Rp42.666 per kg. Di Soloraya harga bawang putih tertinggi terjadi di Boyolali senilai Rp65.000 per kg.