Ini Arti Nama Anak Pangeran Harry-Meghan Markle

Meghan Markle bersama Pangeran Harry dan anaknya. (Reuters)
09 Mei 2019 19:40 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, LONDON – Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya mengumumkan nama bayinya yang lahir, Senin (6/5/2019), pagi. Bayi yang menjadi pewaris ketujuh takhta Kerajaan Inggris itu diberi nama Archie Harrison Mountbatten Windsor. Apa arti dari nama bayi laki-laki tersebut?

Dikutip dari Cosmopolitan, Kamis (9/5/2019), Archie berada di urutan ke-15 daftar nama populer untuk anak laki-laki di Inggris 2018 lalu. Archie berasal dari Jerman yang merupakan kependekan dari Archibland yang berartu tegas atau berani.

Nama tengah Archie, Harrison, biasanya dipakai sebagai akhiran alias nama keluarga. Harrison merupakan nama Aborigin yang berarti putra Harry. Hal ini membuat nama Archie begitu unik, karena belum pernah dilakukan dalam sejarah penamaan anggota keluarga Kerajaan Inggris sebelumnya.

Sementara nama belakang Archie, Mounbatten Windsor, diambil dari marga keturunan Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Phillip. Selama ini, Kerajaan Inggris memiliki sejarah panjang dalam menamai bayi, yakni menggunakan nama anggota keluarga yang lebih tua. Tradisi tersebut masih digunakan sampai sekarang.

Nama Mountbatten Windsor diperkenalkan di depan Dewan Kerajaan pada 1960. Marga itu merupakan gabungan dari Dinasti Windsor yang merupakan marga Ratu Elizabeth dan Mountbatten, keluarga cabang Dinasti Battenberg yang disandang Pangeran Phillip.

Selama ini, Pangeran Phillip belum pernah diizinkan menggunakan marganya untuk keturunannya. Sedangkan kali ini, Pangeran Harry menggunakan nama marga keturunan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip. Jadi, tindakan tersebut merupakan bentuk penghormatan dari Pangeran Harry kepada kakeknya.

Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle menggunakan dua kata untuk nama putra mereka termasuk langka. Sebab, rata-rata nama anggota keluarga Kerajaan Inggris terdiri lebih dari dua kata. Sejumlah sepupu Pangeran Harry menggunakan nama yang terdiri dari tiga kata. Sementara ayah dan pamannya memiliki nama yang tersusun dari empat kata.

Kelahiran Archie disambut gembira oleh segenap rakyat Inggris. Mereka memuji nama Archie yang terdengar modern dan dianggap lebih dekat dengan Amerika, tanah kelahiran Meghan Markle. Kini, Archie menjadi bayi paling populer di Inggris.