Soloraya
Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Begini Persiapan Dishub Wonogiri untuk Sambut Pemudik Lebaran 2024

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepadatan kendaraan saat arus mudik. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI—Dishub Wonogiri bersama instansi terkait melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut  pemudik pada momen arus mudik dan balik Lebaran 2024 mendatang. Diperkirakan terdapat sekitar 29.000 sampai 30.000 kendaran masuk Kabupaten Wonogiri. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri, Waluyo. Dia memperkirakan jumlah kendaraan yang masuk ke Wonogiri tidak jauh beda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement

“Itu gabungan dari sepeda motor, kemudian bus umum dan lainnya. Alat ukur kami adalah di pintu masuk Wonogiri,” kata dia ketika diwawancarai Solopos.com, Kamis (28/3/2024).

Guna mengantisipasi arus mudik dan balik para Lebaran 2024 tersebut, Dishub Wonogiri sudah melakukan persiapan khusus dan bersinergi dengan sejumlah instansi terkait terutama kepolisian. 

Advertisement

Guna mengantisipasi arus mudik dan balik para Lebaran 2024 tersebut, Dishub Wonogiri sudah melakukan persiapan khusus dan bersinergi dengan sejumlah instansi terkait terutama kepolisian. 

“Yang sudah kita lakukan kemarin bersama dengan kepolisian cek jalur pos atau penentuan pos-pos pengamanan Lebaran. Kemudian khusus Dishub, kita persiapan posko yang disesuaikan dengan posko terpadu kepolisian,” kata dia.

Lalu pihaknya juga menyiapkan sejumlah alur alternatif dan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. Dia mengatakan penerapan rekayasa lalu lintas masih melihat kondisi lalu lintas ketika Lebaran.

Advertisement

Salah satu skema jalur alternatif yang disiapkan Dishub adalah memanfaatkan jalur lingkar kota (JLK). skema ini dilakukan jika terjadi penumpukan kendaraan di pusat kota. Kendaraan akan diarahkan agar tidak masuk pusat kota, sehingga bisa memecah kemacetan.

“Jadi kami sudah menyiapkan jalur alternatif, terutama kita memanfaatkan JLK [Jalur Lingkar Kota], nanti dari arah utara mau pulang ke daerah selatan, terutama di wilayah Wuryantoro, Pracimantoro, bisa melewati JLK dan tidak langsung masuk kota,” kata dia.

Persiapan lain untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Wonogiri ini yakni dengan memperbaiki rambu-rambu lalu lintas dan terus koordinasi lintas dengan lintas sektoral untuk memperlancar jalannya lebaran tahun ini.

Advertisement

Dia mengatakan berkaca pada tahun-tahun sebelumnya puncak kepadatan lalu lintas terjadi pada H-3 lebaran. “Diperkirakan ketika libur Lebaran itu sudah mulai ramai, terutama unit kendaraan yang masuk ke Wonogiri,” kata dia.

Dia mengimbau untuk mengutamakan faktor keselamatan, memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada dan juga kesehatan. Pemudik diminta untuk tidak memaksakan diri dan memanfaatkan sejumlah pos yang sudah disiapkan.

“Nanti kan ada beberapa rest area, kalau lelah ya istirahat dulu. Jaga kondisi kendaraan, sebelum berangkat cek betul kelayakan kendaraan, kesiapan kendaraan. Tidak perlu buru-buru, nikmati perjalanan,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif