Rp40 Triliun Disiapkan Pemerintah untuk THR dan Gaji Ke-13 PNS

Warga mengantri melakukan pencairan tunjangan bagi pegawai negeri sipil (PNS) maupun TNI dan Polri yang berupa gaji ke 13 di Kantor Pos. - Bisnis.com
09 Mei 2019 12:30 WIB Puput Ady Sukarno Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Selain menyiapkan anggaran untuk pembayaran Tunjangan Hati Raya (THR), pemerintah juga diketahui tengah menyiapkan dana untuk pembayaran gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Besaran untuk masing-masing kebutuhan tersebut adalah Rp20 triliun, sehingga total dana yang disiapkan oleh pemerintah mencapai Rp40 triliun.

"THR Rp20 triliun, gaji ke-13 juga Rp20 triliun," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Marwanto, Rabu (8/5/2019).

Namun demikian, pihaknya menegaskan bahwa pencairan untuk keduanya tidak akan dilakukan secara bersamaan. Untuk THR akan dilakukan pada bulan depan, kemudian pencairan gaji ke-13 dilakukan satu bulan setelahnya.

"Gaji ke-13 kan diberikan nanti menjelang tahun ajaran baru, Juli depan," sambungnya. Nantinya gaji ke-13 diberikan kepada PNS dan TNI/Polri, sementara THR diberikan kepada PNS, TNI/Polri, pejabat negara, serta pensiunan.

Peraturan Pemerintah mengenai THR telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Adapun aturan turunannya, yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) akan tuntas dalam waktu dekat.

Sumber : Bisnis.com