Di Soloraya, Presiden Jokowi akan Kunjungi Embung Giriroto & Waduk Gondang

Foto udara Embung Giriroto di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Selasa (12/3/2019). Embung yang telah selesai pembangunannya dan masih tahap perawatan tersebut menjadi tujuan wisata baru di Ngemplak, Boyolali. Embung dengan luas 1,3 hektar tersebut selain menjadi tempat wisata baru juga bertujuan untuk pengairan lahas pertanian seluas 74 ha yang terhubung dengan Waduk Cengklik. (Solopos - Burhan Aris Nugraha)
26 April 2019 08:00 WIB Rini Yustiningsih Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Presiden Jokowi direncanakan mengunjungi Embung Giriroto, Ngemplak Boyolali dan Waduk Gondang di Karanganyar, Jumat (26/4/2019) ini.
Pada Jumat pagi, Presiden Jokowi akan meresmikan Embung Giriroto dan siangnya selepas Salat Jumat meresmikan Waduk Gondang di Karanganyar.

Embung Giriroto di Ngemplak, Boyolali, merupakan wahana wisata baru yang cukup menarik perhatian. Jika dibandingkan dengan embung lain di Boyolali, Embung Giriroto tampak lebih megah. Ada tulisan berwarna kuning keemasan di pintu masuk kawasan tersebut.

Penampung air hujan tersebut terlihat sangat indah di bawah langit biru tanpan awan mendung. Di bagian pinggir embung diberi pagar warna merah terang. Jalanan di sekitar Embung Giriroto di pasangi paving block. Deretan pepohonan hijau membuat pemandangan di sekitar Embung Giriroto semakin indah.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, selesainya pembangunan Embung Giriroto, Ngemplak, Boyolali, pada akhir 2018 membawa optimisme pemerintah desa setempat untuk menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). BUM Desa menjadi salah satu sarana untuk menarik peran aktif masyarakat dalam pembangunan desa.

Waduk Gondang

Kunjungan selanjutnya ke Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, Karanganyar. Proses pembangunan Waduk Gondang dimulai sejak 2015 diawali pembebasan lahan.
Hingga kini pembangunan Waduk Gondang sudah memasuki tahap akhir. Pembangunan Waduk Gondang di Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah, terus digenjot. Proyek tersebut mulai menunjukkan hasil yang menakjubkan. Foto keindahan Waduk Gondang pun viral di media sosial.

Meski belum selesai dibangun dan difungsikan, Waduk Gondang di wilayah Kecamatan Kerjo, Karanganyar, sudah membawa berkah bagi warga di sekitarnya.  Warga di Desa Gempolan, tempat waduk itu berada, memanfaatkan potensi wisata dari dengan membangun dua area swafoto di sekitar proyek. Area ini pun menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Area swafoto yang berupa menara pandang tersebut terletak di Dusun Ngrandon dan Dusun Semang. Di Ngrandon, wisatawan dapat mengunjungi area swafoto secara gratis. Pengunjung Menara Waduk Gondang hanya ditarik biaya parkir senilai Rp2.000.

Sedangkan di Gunung Tirah Karang Uluh, Semang, harus membayar Rp5.000 dan parkir Rp2.000. Wisatawan dapat mengambil gambar dengan latar belakang proyek waduk. Kalau lapar atau haus tak perlu khawatir, ada lima lapak pedagang makanan dan minuman di sini.