Sejarah Hari Ini: 25 April 1950, Republik Maluku Selatan Berdiri

Bendera RMS sebelum diubah pada 2011. (Wikimedia.org)
25 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Christiaan Robbert Steven Soumokil mendeklarasikan pendirian Republik Maluku Selatan (RMS) yang mencakup wilayah Ambon dan Maluku, 25 April. Soumokil lantas menjadi presiden di negara tersebut.

Berdirinya Republik Maluku Selatan itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 25 April. Berikut Solopos.com menyajikan Sejarah Hari Ini, 25 April, yang dihimpun dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com:

775
Pertempuran Bagrevand antara pasukan Kekhalifahan Abbasiyah dan pemberontak Armenia meletus di Armenia. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri pemberontakan orang Armenia yang menolak pemerintahan Kekhalifahan Abbasiyah di Armenia.

1644
Pemimpin Kekaisaran Dinasti Ming di Tiongkok, Kaisar Chongzhen, tewas bunuh diri. Ia melakukan bunuh diri saat pemberontakan yang dilakukan para petani dengan dipimpin Li Zicheng sedang berlangsung. Chongzhen adalah kaisar terakhir dari Dinasti Ming.

Kapal di Terusan Suez. (Mediain.com)
1859
Terusan Suez di Mesir mulai dibangun demi mempercepat transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya terusan tersebut, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya melalui jalur darat antara Laut Tengah dan Laut Merah. Pembangunan Terusan Suez selesai pada 17 November 1869.

1915
Pasukan Inggris, Prancis, India, Australia, dan Selandia Baru mendarat di Teluk Anzac dan Tanjung Helles untuk menginvasi wilayah Gallipoli, Kesultanan Ottoman. Invasi itu kemudian memicu Pertempuran Gallipoli antara negara-negara Sekutu dengan Kesultanan Ottoman hingga 9 Januari 1916.

1945
Tentara Jerman yang menduduki wilayah Italia bagian utara mundur dan kembali ke Jerman setelah menyatakan menyerah. Peristiwa itu dikenang sebagai Hari Pembebasan Italia dari cengkeraman Jerman dan pemerintahan pimpinan Benito Mussolini. Kini, Hari Pembebasan Italia menjadi hari libur nasional di Italia.

1945
Pasukan Jerman menarik diri dari Lapland, Finlandia dan menjadi akhir dari Pertempuran Lapland. Pertempuran tersebut adalah pertempuran terakhir yang dilakukan militer Jerman dalam Perang Dunia II.

1950
Christiaan Robbert Steven Soumokil mendeklarasikan pendirian Republik Maluku Selatan (RMS) yang mencakup wilayah Ambon dan Maluku. Ia kemudian menjadi presiden di wilayah tersebut. Meski demikian, Indonesia berhasil kembali menguasai wilayah RMS dan membubarkan RMS pada 1963.

1954
Prancis membombardir Vietnam dengan pesawat tempur dan pesawat pengebom demi mengalahkan pasukan Komunis di Vietnam dalam Perang Indochina I. Prancis menyerang Vietnam dengan menjatuhkan ratusan ton bom dan membuatnya menjadi serangan terbesar yang dilakukan Prancis dalam Perang Indochina I.

David William Moyes. (Reuters)
1963
David William Moyes dilahirkan di Glasgow, Skotlandia. Namanya kemudian dikenal sebagai pelatih sepak bola yang pernah menangani beberapa klub di Inggris, yakni Everton pada 2002 sampai 2013 dan Manchester United pada 2014 sampai 2015.

1993
Sekitar 300.000 oarng yang mengaku sebagai lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT) serta aktivis pendukungnya turun ke jalan di Washington D.C., Amerika Serikat untuk berdemonstrasi. Demosntrasi yang ia lakukan bertujuan untuk menentang diskriminasi terhadap kaum LGBT.