Tak Cuma Hanum & Hanafi, 1 Anak Amien Rais Lainnya Diprediksi Lolos

Amien Rais - Antara/M Agung Rajasa
25 April 2019 08:30 WIB Jalu Rahman Dewantara Nasional Share :

Solopos.com, JOGJA -- Tiga anak politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais kemungkinan besar menjadi wakil rakyat. Hanafi Rais dan Hanum Salsabiela Rais dipastikan menjadi anggota legislatif periode 2019-2024. Sementara, Ahmad Baihaqy Rais diperkirakan melaju ke kursi parlemen.

Hanafi lolos menjadi anggota DPR, lalu Hanum menjadi anggota DPRD DIY. Begitu pula dengan Ahmad Baihaqy yang di ambang kedudukan sebagai anggota DPRD DIY.

Dalam Pemilu 2019, empat putra dan putri Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut turun gelanggang. Anak pertama Amien Rais Ahmad Hanafi Rais nyaleg sebagai anggota DPR. Hanafi adalah caleg petahana PAN.

Anak kedua Amien Rais yakni Hanum Salsabiela Rais maju sebagai calon anggota DPRD DIY dari Dapil Sleman timur. Sedangkan anak ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, menjadi calon anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah VI. Sementara itu, Ahmad Baihaqy Rais, menjadi calon anggota untuk DPRD DIY dari Dapil Kulonprogo.

Sementara, menurut keterangan Bendahara DPC PDIP Kulonprogo Akhid Nuryati, Ahmad Baihaqy Rais kemunginan lolos ke DPRD DIY. Proyeksi terebut berdasarkan perhitungan Akhid tentang penambahan perolehan kursi PDIP untuk DPRD DIY dari Dapil 4 Kulonprogo dan perbandingannya dengan partai lain.

Berdasarkan estimasi internal PDIP untuk perolehan kursi DPRD DIY dari Dapil 4 Kulonprogo, PDIP akan menambah lagi jumlah kursinya. Penambahan itu menggeser posisi Partai Demokrat yang sebelumnya menempatkan wakil dari Dapil 4 Kulonprogo di DPRD DIY.

“Kami nambah satu kursi, selain petahana yang tetap, ada juga satu kursi diraih Novida Kartika Hadhi,” ujar Akhid Nuryati, Rabu (24/4/2019).

Posisi Nunung Ida Mundarsih dari Partai Demokrat yang tahun lalu mendapat kursi DPRD DIY kini diperkirakan akan digantikan. Untuk partai lainnya, masing-masing satu kursi akan tetap didapatkan.

Artinya, perolehan kursi DPRD DIY dari Dapil 4 Kulonprogo berasal dari du kursi PDIP, serta masing-masing datu kursi dari Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB. Hanya Partai Demokrat yang tergeser.

Beberapa petahana juga diprediksi terlempar. PAN yang pada 2014-2019 mewakilkan Hamam Mutaqim kemungkinan besar akan mewakilkan Ahmad Baihaqy Rais.

Begitu juga dengan Partai Gerindra yang sebelumnya mengirimkan Albani, kini akan menenpatkan Ika Damayanti Fatma Negara. Lalu, perwakilan Partai Golkar yang sebelumnya diisi oleh Sukarman, kini ditempati Lilik Syaiful Ahmad.

PKB yang sebelumnya diwakili Soleh Wibowo, kini diperkirakan akan ditempati Hifni Muhammad Nasikh. Kursi PKS yang sebelumnya didukuki oleh Nur Sasmito akan diisi pendatang baru karena Nur Sasmito naik menjadi caleg DPR.

Sumber : Harian Jogja