Hanafi Rais & Hanum Rais Lolos Jadi Legislator

Hanum Rais (Instagram hanumrais)
25 April 2019 06:30 WIB Abdul Hamied Razak Nasional Share :

Solopos.com, JOGJA -- Putra-putri Amien Rais dipastikan melenggang ke gedung parlemen di wilayah masing-masing. Mereka adalah Hanafi Rais dan Hanum Salsabila Rais yang sama-sama berada di Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengatakan hasil perolehan suara PAN di wilayah DIY hanya bisa melanggengkan Hanafi Rais untuk kembali terpilih sebagai anggota DPR 2019-2024. Hal itu melihat dari raihan suara sementara PAN pada Pemilu 2019 baru mencapai 10%.

"Hitungan kami masih bisa meraih 13,5 persen. Secara hitung-hitungan tetap satu nama yakni Mas Hanafi Rais yang jadi," katanya kepada Harian Jogja, Rabu (24/4/2019).

Selain Hanafi, lanjut Nazar, putri mantan Ketua MPR Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais juga menjadi salah satu nama yang bakal menjadi anggota DPRD DIY dari Dapil Sleman Timur. "Untuk dua putra Pak Amien Rais lainnya yang juga maju pada Pemilu 2019, seperti di Magelang dan Kulonprogo, saya belum dapat informasi," katanya.

Dia beralasan tidak moncernya perolehan suara PAN pada Pemilu 2019 diakibatkan gencarnya praktik politik uang yang dilakukan caleg-caleg dari partai lainnya. Namun, Nazar enggan menyebut partai mana yang melakukan praktik tidak terpuji tersebut.

"Ya kita tahulah, bagaimana pada Pemilu sebelumnya hanya punya dua kursi pada pemilu tahun ini bisa mendapatkan lima sampai tujuh kursi," katanya.

Dia berharap agar ada evaluasi proses pelaksanaan Pemilu ke depan. Salah satu yang diusulkan bagaimana proses pencalegan dilakukan secara tertutup. "PAN dari dulu mengusulkan itu, saya kira dari teman-teman partai seperti PDIP juga setuju dengan itu. Sebab kami tidak ingin kader-kader terbaik kami kalah dengan politik uang," katanya.

Sumber : Harian Jogja