Sejarah Hari Ini: 23 April 2013, Prancis Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Ilustrasi bendera LGBT. (Reuters)
23 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Parlemen Prancis secara resmi melegalkan pernikahan sesama jenis, 23 April 2013. Keputusan itu diambil melalui jalur pemungutan suara yang dilakukan anggota parlemen.

Mulai legalnya pernikahan sesama jenis di Prancis itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 23 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 23 April:

599
Pasukan Suku Maya dari Kerajaan Kaan yang dipimpin Uneh Chan menyerang Kota Palenque di sebelah selatan Meksiko dan mengalahkan pasukan pimpina Ratu Yohl Iknal. Setelah meraih kemenangan, Uneh Chan kemudian membumihanguskan Kota Palenque.

1815
Orang-orang Serbia melakukan pemberontakan untuk kali kedua kepada pemerintahan Kekaisaran Ottoman yang menguasai wilayah mereka. Pemberontakan tersebut berlangsung selama lebih dari dua tahun. Kekaisaran Ottoman akhirnya memberikan wewenang kepada Serbia untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Pasukan AS di Puerto Riko pada Perang Spanyol-Amerika. (Wikimedia.org)
1898
Spanyol menyatakan perang terhadap Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, AS telah meminta Spanyol menarik diri dari Kuba, namun tak digubris. Pertempuran antara pihak Spanyol dan AS meletus tak lama setelah pernyataan perang yang dilontarkan Spanyol tersebut.

1918
Dalam Perang Dunia I, pasukan Angkatan Laut Inggris membombardir Pelabuhan Zeebrugge di Belgia demi memblokir akses tentara Jerman yang akan masuk maupun keluar dari pelabuhan tersebut. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Penyerangan Zeebrugge.

1938
Orang-orang Yahudi yang memiliki toko di Kota Wina, Austria dipaksa untuk memasang tulisan yang berisi larangan kepada masyarakat untuk tak membeli apa pun dari toko mereka. Pemerintah Nazi Jerman diyakini sebagai dalang dalam peristiwa itu demi melemahkan kekuatan ekonomi para orang Yahudi di Austria.

Raja Yunani, George II. (Wikimedia.org)
1941
Pemerintahan Kerajaan Yunani bersama Raja George II mulai meninggalkan Athena. Hal itu dilakukan demi menghindari pasukan Jerman yang sudah berniat menginvasi Yunani.

1945
Tentara Amerika Serikat (AS) mendarat di Pulau Okinawa, Jepang untuk melancarkan sebuah serangan kepada pasukan Jepang. Pada pertempuran itu, pihak AS menang dengan mudah karena jumlah tentaranya yang jauh lebih banyak dibanding jumlah tentara Jepang.

1970
Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon menandatangani undang-undang tentang rokok. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa produk rokok tak boleh diiklankan melalui radio atau televisi. Undang-undang tersebut mulai diberlakukan di AS pada 2 Januari 1971.

1971
Tentara Pakistan membantai sekitar 3.000 imigran Hindu di daerah Jathibhanga, Pakistan Timur yang kini menjadi Bangladesh. Pembantaian itu berlangsung saat Perang Kemerdekaan Bangladesh.

2013
Parlemen Prancis secara resmi melegalkan pernikahan sesama jenis. Keputusan itu diambil melalui jalur pemungutan suara yang dilakukan anggota parlemen. Selain itu, pasangan sesama jenis di Prancis juga diperbolehkan mengadopsi anak.