Nyaris Samai Jumlah Penduduk Solo, Puan Maharani Raup 420.000 Suara di Jateng V

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memberikan sambutan pada acara silaturahmi dan penyerahan bantuan sosial di Pendopo Ageng kompleks Alun-Alun Kidul, Sabtu (10/11 - 2018). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)
23 April 2019 18:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kian perkasa di Jawa Tengah. Diprediksi, PDIP bakal mengirimkan empat kadernya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V ke DPR, bahkan Puan Maharani mampu meraup 420.000 suara. Jumlah ini nyaris samai jumlah penduduk Kota Solo sebesar 500.000 jiwa.

Selain Puan Maharani, keempat orang tersebut adalah Aria Bima, Alfia Reizani dan Rahmad Handoyo. Keempatnya sudah pernah menjadi wakil rakyat di Senayan.

Aria Bima yang merupakan caleg nomor urut 2 di Dapil Solo-Sukoharjo-Klaten-Boyolali, mengatakan prediksi tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi internal PDIP. Menurutnya, Puan menyedot cukup banyak suara dari pemilih PDIP.

"Paling banyak pertama itu Puan Maharani dengan 420.000 suara. Memang seluruh kekuatan partai support Mbak Puan," kata Aria saat dihubungi Detik.com, Selasa (23/4/2019).

Caleg PDIP yang lolos di urutan selanjutnya ialah Aria Bima. Dia memperoleh suara dengan kisaran 87.000-97.000. "Saya maksimal dapat 97.000 suara. Baru selanjutnya ada Alfia Reizani dan Rahmad Handoyo," ujarnya.

Dengan demikian, jumlah wakil PDIP yang lolos ke DPR bertambah satu orang dibandingkan Pemilu 2014 itu. Saat itu Alfia tidak lolos, namun kemudian menggantikan Puan yang ditunjuk menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Dulu terjadi pergantian antar waktu [PAW], Mbak Puan digantikan Alfia. Sekarang keempatnya lolos dengan suara gemuk," pungkasnya.

Angka perolehan suara ini berbeda daripada rilis PDIP pada Jumat (19/4/2019) lalu. Saat itu Ketua DPP PDIP Puan Maharani memang sudah diklaim PDIP mendapatkan suara tertinggi di Dapil Jawa Tengah V dalam Pemilu 2019 berdasarkan hasil perhitungan internal. Saat itu, PDIP juga mengklaim memborong lima kursi DPR dari dapil yang meliputi Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Solo itu.

"Mbak Puan mendapatkan 48.882 suara," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam jumpa pers metode real count oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019), seperti dilansir Liputan6.com dari Merdeka.com.

Selain Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut, empat calon anggota legislatif (caleg) PDIP lainnya juga lolos ke DPR. Berdasarkan data penghitungan PDIP, nama yang lolos adalah Aria Bima dengan 19.940 suara, Muchamad Nabil Haroen dengan 1.873 suara, Faozan Amar dengan 1.282 suara, dan Alfian Reziani dengan 1.085 suara.

Kepala BSPN PDIP Arif Wibowo menyebutkan data tersebut diambil berdasarkan salinan C1 yang diterima saksi partai. Di tingkat daerah, kata dia, PDIP memiliki kamar hitung yang memberikan data secara online.