Sidang Kasus Ratna Sarumpaet, Tompi Sindir Hanum Rais Mendadak Ahli Bedah

Dokter spesialis bedah plastik Tompi. (Bisnis/Jaffry Prabu P)
23 April 2019 15:40 WIB Sholahuddin Al Ayyubi Nasional Share :
Solopos.com, JAKARTA -- Teuku Adifitrian alias Tompi menyindir Hanum Rais, putri Amien Rais, dalam sidang kasus hoaks Ratna Sarumpaet. Menurut Tompi, Hanum yang sebenarnya adalah dokter gigi mendadak menjadi ahli bedah wajah Ratna menemuinya.
Hanum Rais melalui video pendek yang viral di media sosial itu mengaku sudah memeriksa wajah Ratna Sarumpaet. Saat itu, Hanum menyebut hasil pemeriksaannya menyatakan bahwa wajah lebam Ratna disebabkan penganiayaan oleh seseorang di Bandung.
 
Padahal menurut Tompi, Hanum Rais merupakan dokter gigi yang tidak memiliki kapasitas untuk memeriksa wajah seseorang, kecuali jika yang diperiksa adalah bagian gigi. Menurutnya, Hanum Rais tidak memiliki pemahaman medis tentang wajah, tetapi malah menyimpulkan Ratna Sarumpaet lebam karena dianiaya.
 
"Hanum Rais tidak punya kapasitas memeriksa itu, apalagi dia juga pernah menyampaikan sudah memeriksa. Kalau memeriksa, artinya sudah ada pertanggungjawaban ilmiahnya [secara medis]," tuturnya, Selasa (23/4/2019).
 
Dia memprediksi ada dua kesalahan yang telah dilakukan Hanum Rais. Pertama, kata dia, Hanum tidak memiliki kompetensi memeriksa, tetapi mengaku telah memeriksa wajah Ratna Sarumpaet. Kedua Hanum Rais turut serta menyebarkan informasi palsu atau hoaks.
 
"Kemungkinan pertama, dia tidak ada kompetensi untuk menjawab foto lebam itu dan yang kedua, dia berbohong," katanya.

Sumber : Bisnis/JIBI