Sejarah Hari Ini: 22 April 1983, Buku Harian Hitler Terbit

Adolf Hitler. (Firstpost.com)
22 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Majalah Jerman Barat, Stern, menerbitkan buku yang diklaim sebagai buku harian milik Adolf Hitler. Namun beberapa ahli membantah isi buku yang ditebitkan Stern tersebut merupakan catatan harian milik Adolf Hitler.

Terbitnya buku yang diklaim sebagai buku harian milik Adolf Hitler itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 22 April. Berikut Solopos.com menyajikan Sejarah Hari Ini, 22 April, yang dihimpun dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com:

Garis pembagian kekuasaan sesuai Treaty of Zaragoza. (En.wikipedia.org)Garis pembagian kekuasaan sesuai Treaty of Zaragoza. (En.wikipedia.org)
1529
Perjanjian Saragosa ditandatangani Spanyol dan Portugal. Perjanjian tersebut membagi belahan timur Bumi antara Spanyol dan Portugal dengan batas yang berada di sebelah timur Kepulauan Maluku. Sesuai perjanjian itu, Spanyol diharuskan meninggalkan Maluku.

1870
Vladimir Ilyich Ulyanov lahir di Simbirsk, Kekaisaran Rusia. Ia lantas dikenal sebagai revolusioner komunis, politikus, dan penggagas teori politik dengan nama Vladimir Lenin. Nama Lenin sebenarnya adalah nama samaran yang diambil dari nama Sungai Lena di Siberia. Lenin berhaluan politik Marxis dan telah ikut menyumbangkan gagasan politiknya dalam pemikiran Marxis yang disebut sebagai Leninisme. Gagasannya itu kerap digabungkan dengan teori ekonomi Marx yang kemudian dikenal dengan sebutan Marxisme–Leninisme.

1915
Jerman untuk kali pertama menggunakan gas beracun dalam Perang Dunia I demi mengalahkan lawannya. Kota Ypres di Belgia adalah kawasan yang menjadi sasaran Jerman dalam penggunaan gas beracun untuk kali pertama itu.

1945
Adolf Hitler mengakui kekalahannya dalam Perang Dunia II setelah pasukan Sekutu berhasil membombardir Jerman. Ia diyakini melakukan bunuh diri di sebuah tempat bernama Fuhrerbunker di Kota Berlin. Namun, beberapa kalangan masih meragukan bahwa Hitler tewas bunuh diri di Fuhrerbunker.

1952
Untuk kali pertama, pengujian bom atom yang dilakukan Amerika Serikat (AS) ditayangkan secara langsung melalui siaran televisi. Pengujian bom atom itu dilakukan di Yucca Flat, Nevada. Bom atom yang diuji lebih besar dibanding yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II.

1961
Pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev mengecam Invasi Teluk Babi yang dilakukan para pemberontak untuk menggulingkan Fidel Castro sebagai presiden Kuba. Khrushchev juga secara terang-terangan menyatakan pihak Amerika Serikat (AS) sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pemberontakan di Kuba itu.

1970
Hari Bumi untuk kali pertama diperingati di Amerika Serikat (AS). Beberapa tahun kemudian, beberapa negara lain juga memperingati Hari Bumi pada 22 April. Pada 1990, tercatat ada 141 negara yang memperingati Hari Bumi pada 22 April. Kini, Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Earth Day Network atau Jaringan Hari Bumi.

1982
Ricardo Izecson dos Santos Leite lahir di Gama, Brasil. Ia kini lebih akrab disapa Kaka dan dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput bersama dua klub besar di Eropa, yakni AC Milan dan Real Madrid.

1983
Majalah Jerman Barat, Stern, menerbitkan buku yang diklaim sebagai buku harian milik Adolf Hitler. Namun beberapa ahli menyatakan bahwa isi buku yang ditebitkan itu bukanlah catatan harian milik Adolf Hitler.

1994
Presiden ke-37 Amerika Serikat (AS) Richard Nixon meninggal dunia pada usia 81 tahun. Jasadnya dimakamkan di samping istrinya, Pat Nixon, di halaman Perpustakaan Kepresidenan Richard Nixon di Yorba Linda, California.