Sejarah Hari Ini: 21 April 735 SM, Romulus dan Remus Dirikan Kota Roma

Patung yang menggambarkan Romulus dan Remus beserta serigala yang mengasuh mereka. (Wikimedia.org)
21 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Romulus dan Remus mendirikan Kota Roma, 21 April 735 SM. Mereka kemudian menjadi pemimpin kota tersebut secara bersama-sama.

Pendirian Kota Roma yang kini menjadi ibu kota Italia itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 21 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 21 April:

753 SM
Romulus dan Remus mendirikan Kota Roma dan bersama-sama menjadi pemimpin Kota Roma. Dalam mitologi Romawi, mereka dipelihara oleh seekor serigala betina sejak kecil hingga dewasa.

1509
Henry VIII naik takhta menjadi Raja Inggris setelah kematian ayahnya, Henry VII. Henry VIII dikenal sebagai raja yang berperan penting dalam pemisahan Gereja Inggris dari Gereja Katolik Roma.

1836
Pasukan Texas yang dipimpin Sam Houston berhasil mengalahkan pasukan Meksiko dalam Perang Kemerdekaan Texas. Texas, yang meraih kemerdekaan pada tahun yang sama, memutuskan untuk bergabung menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS) sembilan tahun kemudian.

Kartini. (Wikimedia.org)
1879
Kartini lahir di Jepara , Jawa Tengah, Hindia Belanda—kini Indonesia—dari rahim M.A. Ngasirah, istri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara setelah Kartini lahir. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi setelah terbitnya surat-surat Kartini yang dikumpulkan dalam bentuk buku berjudul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya Dari Kegelapan Menuju Cahaya atau lebih dikenal dengan sebutan Habis Gelap Terbitlah Terang. Orang yang membukukan surat-surat Kartini itu adalah Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda J.H. Abendanon. Hari lahir Kartini diperingati setiap tahunnya di Indonesia.

1898
Armada Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mulai mengepung pelabuhan utama di Kuba. Beberapa hari setelah pengepungan itu, pihak AS menyatakan perang terhadap Kuba.

1918
Seorang pilot pesawat tempur Jerman, Manfred Albrecht Freiherr von Richthofen atau lebih dikenal dengan nama Red Baron, tewas setelah pesawat yang ia kendalikan ditembak jatuh di Vaux Sur Somme, Prancis. Red Baron dikenal sebagai pilot terhebat sepanjang sejarah militer Jerman. Tercatat ia telah memenangi 80 pertempuran udara selama kariernya.

1926
Elizabeth Alexandra Mary lahir Mayfair, London, Inggris. Ia lantas menjadri ratu Inggris sejak 1952 dan menyandang nama Elizabeth II. Kini di usianya yang ke-91, Elizabeth II masih memimpin Kerajaan Inggris.

1945
Tentara Uni Soviet menyerang markas militer Jerman di Kota Berlin. Dalam penyerangan itu, Jerman sudah menunjukkan tanda-tanda kekalahan dalam Perang Dunia II. Sementara tentrara Uni Soviet menyerang Berlin, pasukan Amerika Serikat (AS) sedang menuju Kota Munich juga untuk melakukan serangan kepada Jerman.

1960
Kota Brasilia di Brasil resmi menjadi ibu kota negara tersebut menggantikan Kota Rio de Janeiro. Sebelumnya, Rio de Janeiro menjadi ibu kota Brasil sejak 1834.

1975
Presiden Vietnam Selatan Nguyen Van Thieu mengundurkan diri setelah didesak pihak Vietnam Utara. Pengunduran dirinya menjadi salah satu sebab berakhirnya Perang Vietnam yang berlangsung selama lebih dari 19 tahun. Dengan mundurnya Nguyen Van Thieu, pihak Vietnam Utara dengan mudah mencaplok Vietnam Selatan.

Francisco Roman Alarcon Suarez alias Isco. (Reuters)
1992
Francisco Roman Alarcon Suarez lahir di Benalmadena, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Eropa, Real Madrid. Pria yang akrab disapa Isco itu biasa dipasang sebagai gelandang serang.