Soloraya
Selasa, 19 Maret 2024 - 13:54 WIB

Pemkab Klaten Siapkan 10 Bus Mudik Gratis Lebaran 2024, Kuota Langsung Penuh

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten menyiapkan 10 unit bus untuk angkutan mudik gratis Lebaran 2024. Namun, kuota mudik gratis itu terutama dari Jakarta saat ini sudah penuh.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan angkutan mudik gratis itu diperuntukkan warga Klaten di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang ingin pulang kampung saat Lebaran nanti.

Advertisement

Kuota mudik gratis diperuntukkan warga kurang mampu, pekerja informal, serta buruh. Pendaftaran sudah dibuka oleh Dishub Klaten, beberapa waktu lalu, bekerja sama dengan Paguyuban Warga Klaten (PWK) di perantauan.

“Untuk yang di Jakarta [kuota] sudah penuh. Baru dibuka itu sudah penuh. Seperti itu, cepat penuhnya,” ungkap Supriyono saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (18/3/2024).

Total kapasitas angkutan mudik gratis Lebaran dengan 10 unit bus dari Klaten itu sekitar 480 orang. Masing-masing bus yang disiapkan berkapasitas sekitar 48 orang.

Advertisement

Supriyono mengatakan angkutan mudik gratis itu diberangkatkan dari Klaten ke Jakarta untuk menjemput peserta mudik gratis pada Jumat (5/4/2024).

Angkutan mudik gratis itu kemudian diberangkatkan ke Klaten dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan membawa pemudik menuju Terminal Ir Soekarno Klaten pada Sabtu (6/4/2024).

Sementara itu berdasarkan catatan Solopos.com, jumlah bus yang diberangkatkan untuk menjemput pemudik dalam program mudik gratis pada Lebaran tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2023 lalu.

Advertisement

Pada 2023 lalu, berdasarkan data di laman klatenkab.go.id, Pemkab Klaten memberangkatkan delapan unit bus dengan kuota masing-masing bus 50 orang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif